Berita Nasional Terpercaya

Emerick Aubameyang, Striker Tajam Barcelona yang Didatangkan Cuma-Cuma

Melansir FourFourTwo, Selasa (1/2/2022), ia nyatanya benar benar hengkang dari Arsenal ke Barcelona secara permanen dengan status bebas transfer.

2

BERNAS. ID – Transfer mengejutkan kembali dibuat Barcelona di jendela musim dingin Januari  2021/ 22 lalu. Siapa sangka, setelah sukses mendaratkan winger andalan Manchester City, Ferran Torres , kali ini giliran penyerang andalan Arsenal, Pierre Emerick Aubameyang yang akhirnya benar benar bergabung dengan Barcelona.

Kepindahan mantan kapten The Gunners berusia 32 tahun itu ke Camp Nou jelang penutupan bursa transfer musim dingin, Senin (31/1/2022)  pukul 11 malam waktu setempat. Kala itu, banyak yang mengira jika Barcelona mendatangkannya dengan status  pinjaman.

Namun, melansir FourFourTwo, Selasa (1/2/2022), ia nyatanya benar benar hengkang dari Arsenal ke Barcelona secara permanen dengan status bebas transfer. Kepindahannya secara cuma-cuma tersebut didapatkan setelah The Gunners memilih memutus kontraknya.

Baca juga: Frenkie De Jong, Midfielder Kreatif Dari Arkel Milik Barcelona

Aubameyang, yang sukses mencetak 92 gol dalam 163 pertandingan untuk The Gunners, meninggalkan Emirates Stadium saat kontraknya tersisa 18 bulan dengan gaji senilai 350 ribu poundsterling per pekan. Lalu seperti apa kisah perjalanan karir sepak bola Pierre Emerick Aubameyang? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tentang Aubameyang

Nama Lengkap: Pierre Emerick Aubameyang

Tempat Lahir : Laval, Prancis

Tanggal Lahir : 18 Juni 1989

Kebangsaan : Gabon

Agama :  Kristen

Klub Saat Ini: Barcelona

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 25 Striker

Tinggi Badan : 187 cm

Kekuatan Kaki Dominan: Kaki Kanan

Instagram: @auba

Baca juga: Fakta Martin Braithwaite, Penyerang Darurat yang Didatangkan Barcelona

Tentang Aubameyang

Laval, Prancis adalah sebuah tempat yang menjadi saksi kelahiran Pierre Emerick Aubameyang  pada 18 Juni 1989.  Meskipun punya label kelahiran  Prancis, Aubameyang memiliki kewarganegaraan Gabon. Hal itu ia dapatkan dari sang ayah, Francois  Aubameyang  yang merupakan orang asli Gabon.  

Mengenai sang ayah, diketahui Francois merupakan seorang pencari  bakat untuk tim asal Italia, AC Milan.  Selain itu, dirinya juga merupakan mantan pemain profesional timnas pilar penting timnas Gabon pada gelaran Piala Afrika 1994.

Berkat darah atlet yang mengalir dari sang ayah,  Aubameyang kecil tak menaruh sedikitpun keraguan  menjadi pesepak bola profesional. Hidup di tengah keluarga dengan finansial memadai, ia memulai karir sepak bola pertamanya di beberapa tim lokal di Prancis. 

Laval, Rouen, dan Bastia, adalah beberapa akademi junior Aubameyang sebelum akhirnya ia bergabung dengan akademi tempat ayahnya bekerja, AC Milan. Di akademi Rossoneri,  Aubameyang memiliki kesempatan untuk bergabung dengan tim muda AC Milan pada tahun 2007.

Baca juga: Masih Berusia Muda, Pablo Gavi Punya Kans Besar Jadi Bintang Masa Depan Barcelona

Emerick Aubameyang Berlaga Bersama AC Milan Muda

Bersama skuad muda itu, ia mampu mencuri perhatian dengan mencetak 6 gol dari 7 penampilannya. Bahkan kala itu, beberapa mentornya  menganggapnya sebagai pemain muda yang sangat berbakat.

Akan tetapi pada akhirnya  ia  tidak mampu membuktikan kehebatannya bersaing di tim utama. Manajemen Milan akhirnya meminjamkannya ke klub Prancis, Dijon pada musim 2008/09.

Di usianya yang baru menginjak 19 tahun, Aubameyang di sana mampu berkembang pesat dan menjadi pencetak gol terbanyak untuk tim yang dibelanya pada kompetisi Coupe de la Ligue. Dari musim pertamanya hijrah ke Prancis, ia kemudian melanjutkan karir sepak bolanya  ke Lille dan Monaco sebelum akhirnya mendarat di Saint Etienne.

Tahun 2011, Auba resmi berseragam Saint Etienne. Dirinya pun resmi dikontrak secara permanen oleh St Etienne pada Februari 2012. Kemampuannya terus berkembang dan kembali menjadi sorotan. 

Baca juga: Mengenal Luuk De Jong, Striker yang Menurut Ronald Koeman Lebih Bagus dari Neymar

Level Permainannya Berkembang Pesat di Saint Etienne

Ia pun membuktikan kehebatannya dengan mencetak hattrick ke gawang Lorient. Di akhir kompetisi Coupe de la Ligue, Aubameyang sukses menyarangkan 16 gol, yang mana jumlah gol tersebut menjadi separuh dari seluruh gol yang dicetak timnya.

Kehebatannya terus berkembang, di musim selanjutnya, Auba sukses bertengger di posisi dua sebagai pencetak gol terbanyak. Mencetak 19 gol dalam 37 laga.

Di musim itu, dirinya juga membawa St Ettiene meraih gelar Coupe de la ligue. Pencapaian tersebut menarik minat Borussia Dortmund untuk mendapatkan tanda tangannya.

Dengan biaya sekitar 13 juta euro atau sekitar Rp 208 miliar, Ia resmi mendarat di Signal Iduna Park pada 4 juli 2013. Di sinilah, ia mulai dikenal sebagai salah satu penyerang tertajam. Aubameyang memulai debut untuk Die Borussen pada 27 Juli 2013 kala itu melakoni laga kontra Bayern Munchen  di ajang Piala Super Jerman.

Baca Juga: Catatan Karir Bek Manchester United, Harry Maguire yang Kerap Bikin Blunder 

Melenggang Bersama Borussia Dortmund

Sementara itu, debut di kompetisi Bundesliga ia lakoni saat klub melawan Augsburg pada 10 Agustus, juga menjadi catatan gol pertamanya. Auba sukses menyarangkan 13 gol di kompetisi Bundesliga, dan 16 gol di semua kompetisi menutup musim pertamanya. 

Musim 2014/ 15 bersama Dortmund, kemampuannya semakin menggila, ia berhasil mencetak 25 gol dari 46 pertandingan di semua kompetisi.  Musim musim selanjutnya, Aubameyang semakin tak terbendung ia kembali menjadi andalan Dortmund dalam memenangi berbagai laga.

Di akhir musim, ia sukses mengoleksi 31 gol yang mana menjadikannya sebagai top skor Bundesliga. Kalkulasinya selama berseragam Die Borussen, ia telah catatkan 213  penampilan. 141 gol dan 36 assist berhasil ia torehkan sebelum akhirnya Arsenal memboyongnya pada musim 2018/ 19.

Baca juga: Jorginho, Gelandang Cerdik Chelsea Jadi Pemain Terbaik UEFA 2021

Emerick Aubameyang Jadi Andalan Arsenal

Berkat catatan apik sebagai penyerang yang tajam,  Arsenal kemudian meminang dan menyepakati klausul pembelian sang pemain. Adapun mahar sekitar 56 juta euro atau sekitar Rp 895 miliar berhasil memuluskan kepindahannya ke Emirates Stadium pada 31 Januari 2018.

Berlaga di Premier League, Aubameyang langsung catatkan performa mentereng. Ia mencetak gol debut saat mengalahkan Everton 5-1 pada Februari 2018. Bahkan ia mendapatkan satu sepatu emas setelah meraih gelar top skor dengan torehan 22 gol Liga Primer Inggris.

Sejak saat itu musim demi musim ia lalui dengan The Gunners, Aubameyang menjadi andalan tim meriam London untuk memenangi berbagai laga. Eks  jebolan akademi AC Milan itu memiliki kecepatan luar biasa.  

Apalagi ia pernah mencatatkan rekor fantastis mampu menempuh jarak 30 m hanya dalam waktu 3,7 detik saja.  Kecepatan serta ketepatannya dalam mengolah si kulit bundar menjadikan Aubameyang sebagai salah satu penyerang hebat yang pernah ada.  

Namun sejak Desember 2021,  pelatih Mikel Arteta mencopotnya dari jabatan kapten karena pelanggaran disiplin. Striker berusia 32 tahun itu akhirnya mengakhiri masa baktinya  bersama  Arsenal setelah mencetak 92 gol dalam 163 pertandingan. Dengan persetujuan bersama, ia memilih hengkang ke Barcelona.

Baca juga: Saul Niguez, Karir Midfielder Baru The Blues Jebolan Akademi Atletico Madrid

2 Comments
  1. […] Baca juga: Mengenal Emerick Aubameyang, Striker Tajam Gratisan dari Arsenal […]

  2. […] Baca juga: Pierre Emerick Aubameyang, Striker Tajam yang Tak Lolos Orbit AC Milan […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.