Berita Nasional Terpercaya

Puluhan Buruh Gendong ikuti Fashion Show Kebaya di Pasar Beringharjo

1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Puluhan buruh gendong Pasar Beringharjo Yogyakarta mengikuti fashion show yang digelar di pasar tersebut, Rabu (20/4/2022). Acara digelar Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia – Yogyakarta dalam rangka memperingati Hari Kartini 2022.

Para buruh gendong yang didandani dan di-make up tampil anggun dan menawan di atas karpet merah. Sebanyak 40 orang buruh gendong tampil dengan panduan beberapa orang anggota Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia.

“Kami Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia – Yogyakarta ingin mengajak beberapa perempuan yang mungkin tidak punya waktu atau bahkan tidak pernah ikut merayakannya, pilihan kami adalah orang yang sering kami temui, yaitu Buruh Gendong di Beringharjo,” kata Ketua Margaretha Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia – Yogyakarta, Tinuk Suhartini.

Baca juga: 2020 Wanita Berkebaya Pecahkan Rekor Dunia di Yogyakarta

Ia menambahkan, selain untuk memperingati Hari Kartini, fashion show kebaya juga digelar untuk mengingatkan kembali tentang kebaya kepada para buruh gendong, yang mungkin juga sudah jarang mengenakan kebaya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

“Sesuai misi kami yaitu mengenalkan kebaya sebagai busana dan jati diri perempuan Indonesia. Sekali dayung, kami bisa berbagi beberapa hal pada para buruh gendong ini yaitu memperingati Hari Kartini, mengenalkan kebaya, dan berbagi sembako. Kami berharap , agar kegiatan yang sederhana ini, selain bisa menebar kegembiraan, dapat mengingatkan kembali pada mereka, siapa itu Ibu Kartini,” jelas dia.

Baca juga: Sebagai Warisan Budaya Indonesia, Kebaya Dan Batik Harus Dijaga Dan Dilestarikan

Dalam kesempatan ini, pihaknya juga membagikan sembako pada para buruh gendong. Selain itu, diadakan juga bazar super murah pakaian layak pakai. (den)

1 Comment
  1. […] Baca Juga Puluhan Buruh Gendong Ikuti Fashion Show Kebaya Di Pasar Beringharjo […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.