Berita Nasional Terpercaya

Pemkot Jogja Siapkan Rp24 Miliar untuk THR ASN 2022

2

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Kota Yogyakarta mengalokasikan anggaran sekitar Rp24 miliar untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2022 ini. Saat ini THR sudah masih proses pencairan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta, Wasesa mengatakan, THR untuk ASN akan cair dalam waktu dekat. Adapun alokasi dana untuk membayar THR ASN berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) pemerintah pusat.

Penyaluran THR ini nantinya bisa dibelanjakan. Sehingga secara langsung ataupun tidak langsung bisa menggerakkan perekonomian di masyarakat. Terlebih sudah dua tahun ini perekonomian masyarakat terdampak oleh pandemi COVID-19.

“Lebih baik segera dibelanjakan, tidak disimpan agar ada perputaran uang, yang nantinya tentu akan menggerakkan perekonomian, khususnya di Jogja yang mulai bangkit,” kata Wasesa, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: Lebih Besar Dari Tahun Lalu, THR PNS Cair H-10

Di samping THR, Pemerintah Kota Jogja juga berupaya mencairkan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP). “Namun proses pencairannya memang tidak mudah, sedikit rumit. Jadi membutuhkan waktu lebih lama untuk proses pencairannya,” kata Wasesa.

Sementara untuk gaji ke-13, Wasesa mengatakan juga sudah mulai diproses dengan menyusun Keputusan Walikota Yogyakarta. Dalam perencanaan, gaji ke-13 dicairkan mulai Juli.

Selain untuk ASN, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, mengimbau perusahaan di Kota Jogja menyalurkan THR sesuai ketentuan, dengan maksimal H-7 Idulfitri.

“Kami harapkan perusahaan di Kota Jogja tidak menunda-nunda pembayaran THR. Tunjangan ini merupakan hak yang harus diterima karyawan,” katanya.

Baca juga: Setahun Berlalu, Begini Nasib Tunggakan THR Satu Perusahaan Di Jogja

Sementara itu Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kota Jogja telah berkomitmen membayarkan THR pada pekerjanya. Menurut Ketua APINDO Kota Jogja, Sofyan Tahir, anggotanya yang berjumlah 90 pengusaha akan memberikan THR sesuai waktu dan jumlah yang ditentukan. Bagi pengusaha hotel juga akan memberikan uang service.

“Meski belum maksimal, kondisi usaha di paska pandemi COVID-19 ini sudah tergolong bagus. Kasus di Jogja juga mulai landai,” kata Sofyan.

Ia menambahkan, walau semua anggota APINDO Kota Jogja berkomitmen membayar THR, ada sekitar 10-20 persen yang kesulitan secara ekonomi. Namun akan tetap diupayakan dalam hal pembayaran THR. “Ada teman-teman yang masih kesulitan, kebanyakan dari sektor informal,” katanya. (den)

2 Comments
  1. […] Baca Juga : Pemkot Jogja Siapkan Rp24 Miliar Untuk THR ASN 2022 […]

  2. […] Baca juga: Pemkot Jogja Siapkan Rp24 Miliar Untuk THR ASN 2022 […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.