Berita Nasional Terpercaya

Jokowi Minta Masyarakat Mudik Lebih Awal Karena Alasan Ini

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat mudik lebih awal untuk menghindari kemacetan yang parah di akhir bulan April 2022. Kemacetan parah diprediksi akan terjadi mulai dari tanggal 28-30 April 2022.

Presiden Jokowi meyakini para pemudik yang mudik lebih awal dapat terhindar dari kemacetan yang sangat parah di akhir bulan April 2022. “Saya mengajak masyarakat untuk pemudik yang pakai mobil agar lebih awal mudiknya untuk mengantisipasi kemacetan,” tutur Jokowi saat berkunjung ke Kabupaten Sumenep, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga Kian Dekati Lebaran, Begini Situasi Laju Pemudik Ke DIY

Lanjut tambahnya, angka pemudik kendaraan mobil dan sepeda motor jumlahnya tidak sedikit. Mobil berkisar 23 juta dan sepeda motor 17 juta. Ia mengakui jika persoalan mudik di jalur darat cukup menguras keringat, sehingga dia meminta peran masyarakat agar memperhatikan imbauan Pemerintah.

“Yang berat adalah pemudik yang lewat darat. Sebab ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan mudik. Angka-angka ini bukan angka kecil,” ungkap Jokowi.

Meski demikian, Jokowi mendesak pihak-pihak terkait untuk memperhatikan betul masalah ini. Diantaranya dengan mengoptimalkan fasilitas umum di jalur mudik dan rekayasa lalu lintas.

“Sehingga saya peringatkan, untuk manajemen lalu lintas, dan manajemen traffic-nya ini betul-betul disiapkan. Karena yang saya takutkan di tanggal 28, 29, dan 30 April ini akan macet total,” ujarnya.

Baca Juga Menko PMK Imbau Pemudik Taat Prokes Agar Tidak Membawa Oleh-Oleh Covid-19

Bila tidak ada rekayasa lalu lintas, pemerintah mengaku akan kewalahan. Solusi lain yang dilakukan pemerintah adalah dengan memberlakukan pengaturan ganjil-genap pengaturan untuk satu arah one way. Sedangkan untuk mobil truk rencananya untuk sementara akan dilarang masuk jalan tol.

“Kalau kita lihat di angka pemudik yang lewat udara saya kira masih ada ruang, dan itu lebih longgar, termasuk yang lewat kereta api, berbeda dengan yang lewat darat,” tuturnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.