Menarik Perhatian Pelanggan di Bulan Ramadan dengan Website Mobile-Friendly

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Sejak pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, perilaku bisnis dan berbelanja pun terus berubah sesuai dengan keadaan. Adaptasi bisnis dan belanja online yang masih asing di masa awal pandemi, kini sudah semakin familiar dan masyarakat pun sudah semakin menikmati kemudahannya. Terutama di bulan Ramadan.
Dilansir dari blog Niagahoster, audiens di bulan Ramadan tahun 2022 semakin beragam seiring dengan pertumbuhan konsumen digital yang semakin pesat. Dari mulai ibu rumah tangga, fashionista, pecinta gadget, pecinta makanan, hingga konsumen yang suka mengirim bingkisan ke orang lain.
Dengan mengetahui audiens bulan Ramadan dan motivasi mereka, pebisnis pun bisa lebih mudah menentukan target pasar dan membuat branding dan promosi yang sesuai. Peran branding bisnis cukup penting demi meraih kesuksesan di bulan Ramadan. Dengan waktu yang hanya sekitar satu bulan, pebisnis harus pintar-pintar menarik perhatian konsumen potensial dengan strategi terbaik.
Baca Juga : Empat Alasan Belanja Kebutuhan Dapur Secara Online
Branding yang tepat akan membuat bisnis atau produk lebih mudah dikenal dan membedakannya dengan bisnis kompetitor. Kepercayaan terhadap brand pun bisa semakin meningkat dan lebih mudah untuk menarik pelanggan baru. Dalam jangka panjang, branding yang dilakukan secara konsisten juga akan menempatkan bisnis pada posisi strategis dan kuat dalam industrinya.
81% Orang Indonesia Lakukan Riset Online Sebelum Berbelanja
Menerapkan branding dikatakan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap suatu bisnis. Hal tersebut didukung dengan report dari Statista yang menyatakan bahwa 81% orang Indonesia melakukan riset online sebelum berbelanja.
Salah satu yang dilakukan ketika riset secara online adalah mengetikkan nama barang yang mereka butuhkan di mesin pencarian Google, dan mengunjungi beberapa website hasil pencarian. Oleh karena itu amatlah penting menyiapkan ‘papan informasi’ yang relevan dengan barang-barang yang banyak dicari di bulan Ramadan agar calon konsumen tertarik untuk melanjutkan berbelanja.
Memiliki website bisnis pun menjadi salah satu hal penting untuk proses branding dan memberikan informasi yang dibutuhkan calon pelanggan. Meski sudah cukup banyak bisnis yang go online, namun website tetap dipandang sebagai platform yang sulit dan rumit.
Sebagai perusahaan IT dengan misi untuk membantu jutaan orang di Indonesia memaksimalkan potensi internet, Niagahoster menyediakan kemudahan dalam proses pembuatan website dengan layanan Website Instan.
Baca Juga : Tips Penggunaan Kartu Secara Ideal Dan Aman Saat Berbelanja Online Di Musim Liburan
“Membuat website sendiri dianggap sulit dan menyita waktu. Keberadaan Website Instan ini mempermudah semua proses pembuatan website yang katanya rumit. Prosesnya juga tidak akan memakan waktu lama,” ungkap Mas Aji Gustiawan, Product Manager Niagahoster.
Maksimalkan Potensi Ramadan dengan Website Mobile-Friendly
Di bulan Ramadan, perubahan perilaku masyarakat juga terjadi dalam hal mengakses internet. Dilansir dari blog Niagahoster, trafik toko online meningkat hingga 152% antara jam 3-6 pagi dengan sebagian besar mengakses lewat smartphone.
Ditambah lagi, secara keseluruhan sebanyak 77% masyarakat berbelanja barang lewat smartphone di bulan Ramadan. Data tersebut menunjukkan bahwa sangatlah penting untuk menarik calon pembeli dengan website yang mobile-friendly, agar calon pembeli nyaman saat menjelajahi website bisnis.
“Pastikan tampilan website sudah mobile-friendly atau lebih baik lagi jika bisa diakses melalui device dengan ukuran berapa pun,” ujar Bijak Putranto, Head of Niagaweb by Niagahoster.
Dengan bantuan layanan Website Instan dan Jasa Pembuatan Website Niagaweb dari Niagahoster, website toko online yang mobile-friendly pun tidak sulit untuk dimiliki. Ditambah lagi dengan promo diskon spesial hingga 75% selama bulan Ramadan, pemilik usaha pun bisa semakin mudah jaring rejeki daring. (*/cdr)