Berita Nasional Terpercaya

Pemerintah Inggris Kini Melatih Tentara Ukraina

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

INGGRIS, BERNAS.ID – Untuk pertama kalinya, Pemerintah Inggris melatih sekelompok kecil pasukan Ukraina semenjak invasi Rusia dimulai. Pelatihan ini dimulai setelah Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengejek Presiden Rusia, Vladimir Putin, seperti buaya dan menyatakan dukungan militernya terhadap Ukraina.

Dilansir dari Reuters, pasukan Ukraina berlatih dengan kendaraan patroli lapis baja dari Inggris bulan April ini. Ada sebanyak 120 kendaraan patroli lapis baja dari Inggris, termasuk Mastiff, kendaraan pengintai atau patroli.

“Masuk akal bila mereka mendapatkan pelatihan yang diperlukan untuk menggunakan [kendaraan] itu dengan baik. Kami selalu menyadari bahwa segala hal dapat dinilai sebagai eskalasi, tetapi yang sekarang jelas meningkat adalah aksi rezim [Vladimir] Putin,” kata juru bicara Johnson, seperti dilansir dari Reuters.

Baca Juga Kyiv Atau Kiev, Bagaimana Ejaan Ibukota Ukraina Yang Benar?

Sebagaimana diberitakan, Inggris merupakan salah satu pendukung Ukraina dalam melawan Rusia. Negara itu mengirimkan senjata anti-kapal, anti-pesawat, dan anti-tank ringan ke Ukraina.

Baca Juga : Sejarah Krimea yang Selalu Disebut-sebut dalam Perang Ukraina Vs Rusia

Sebelumnya, Johnson sempat mengejek Putin kala berbicara tentang dialog perdamaian Ukraina dan Rusia. Menurutnya, berurusan dengan Putin bak “buaya yang menggigit kaki Anda dengan rahangnya.” Ia juga menilai penting bagi Barat untuk memasok senjata ke Ukraina.

“Sangat sulit melihat bagaimana Ukraina bisa bernegosiasi dengan Putin, melihat dia kekurangan niat baik. Strateginya, yang terbukti, mencoba mengambil dan menangkap sebanyak mungkin Ukraina dan mungkin memiliki semacam negosiasi dari posisi yang kuat,” tuturnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.