Berita Nasional Terpercaya

Kini Hampir Semua RT Kota Jogja Zona Hijau 

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Satgas Penanganan COVID-19 Kota Jogja melaporkan hampir seluruh RT di wilayah setempat sekarang berstatus zona hijau akibat situasi yang terus melandai. Per Kamis (21/4/2022) kemarin kasus aktif COVID-19 di wilayah Kota Jogja tercatat hanya 18 pasien.

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi menyebut, puncak kasus COVID-19 gelombang ketiga di wilayahnya telah dilewati pada Februari lalu. Sejak Maret sampai dengan April ini kondisi pandemi pun mulai turun di wilayah setempat dan temuan konfirmasi kasus harian selalu di bawah 10.

“Peta zona risiko penyebaran sekarang rata-rata di tingkat RT zona hijau itu hampir semua. Kuningnya hanya sekitar tujuh sampai delapan RT saja, tidak ada oranye,” katanya, Jumat (22/4/2022).

Baca juga: Wawali Pastikan Omicron Belum Terdeteksi Di Kota Yogyakarta

Menurutnya, kasus yang melandai juga disebabkan oleh cakupan vaksinasi penguat atau booster yang terus meninggi di wilayah itu. Per pekan ini 70 persen warga di wilayah Kota Jogja disebut telah mendapatkan suntikan vaksinasi dosis ketiga.

“Memang ada kenaikan menjelang mudik dan antusiasme masyarakat tinggi untuk vaksinasi,” ungkapnya.

Namun Heroe tetap mengingatkan agar pihak keluarga tetap menjaga sanak saudara yang rentan dan berusia lanjut saat momentum Lebaran nanti. Penegakan protokol kesehatan dan kebersihan lingkungan harus dijaga demi meminimalisir sebaran COVID-19.

Baca juga: Siswa Positif COVID-19 Di Kota Jogja Bertambah Lagi

“Semoga kondisinya tetap kondusif dan hendaknya anggota keluarga yang sepuh dan lansia dijaga karena 90 persen yang meninggal dunia sewaktu Omicron meledak itu adalah usia 60 tahun ke atas,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi Aryani menambahkan, cakupan vaksinasi di masa Ramadan memang cukup tinggi. Sebelum Ramadan cakupan vaksinasi di wilayahnya hanya 40 persen dan sekarang telah mencapai 70 persen.

Pihaknya di momentum Lebaran nanti juga akan melibatkan petugas vaksin yang akan siaga di sejumlah destinasi wisata favorit guna mencegah kasus COVID-19 meledak saat masa libur Lebaran.

“Rencananya akan kami buka gerai vaksinasi di parkir Abu Bakar Ali dan Malioboro. Selama libur cuti bersama, Puskesmas juga masih tetap buka untuk melayani vaksinasi kepada masyarakat,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.