Berita Nasional Terpercaya

Profil Sergio Busquets, Era Baru Captain Barcelona

Hampir satu setengah dekade  Sergio Busquets membela klub Blaugrana, ia  telah mengemas  675 penampilan.  42 assist dan 17 gol menjadi sumbangsihnya.

3

BERNAS. ID –  Sergio Busquets  salah satu gelandang tengah terbaik di Eropa saat ini. Meski tidak memiliki kekuatan fisik dan kecepatan, kecerdasan dan insting sepak bola yang tajam,  membuat Busquets hampir selalu berada di posisi yang tepat untuk menggagalkan serangan lawan.

Bahkan baru baru ini gelandang sekaligus kapten Barcelona , Sergio Busquets mengukir sejarah baru usai membawa timnya menang tipis  atas Real Sociedad dalam lanjutan Liga Spanyol 2021/22. Rekor yang berhasil diukir pemain kelahiran 1988 itu ia berhasil catatkan 675  penampilannya bersama  skuad utama  klub berjuluk Blaugrana.

Baca Juga: Hampir Pensiun Dini Dibekap Cidera, Ini Cerita Bek Sayap Luke Shaw yang Bangkit 

Melansir Squawka, tercatat hanya ada dua pemain yang mengungguli Busquets dalam koleksi penampilan bersama Barcelona sepanjang sejarah. Dua nama tersebut  adalah sang pelatih Blaugrana Xavi Hernandez dan Lionel Messi. Lantas bagaimana sepak terjang sang kapten Barcelona  dalam karir sepak bolanya? Simak profil dan sepak terjang seorang Sergio Busquets  berikut ini.

Tentang Sergio Busquets

Nama Lengkap : Sergio Busquets Burgos

Tempat Lahir : Sabadell, Spanyol

Tanggal Lahir : 16 Juli 1988

Nama Pasangan : Elena Galera Moron

Kebangsaan : Spanyol

Agama : Kristen

Klub Saat Ini: Barcelona

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : 5 –  Gelandang Bertahan

Tinggi Badan : 189 Cm

Instagram: @5sergiob

Masa Kecil Sergio Busquets

Sergio Busquets Burgos lahir pada tanggal 16 Juli 1988 di Sabadell, Spanyol. Ia merupakan putra dari pasangan Carles Busquets (ayah) dan Loli Burgos (Ibu).

Untuk diketahui, ayah Busquets merupakan seorang penjaga gawang cadangan FC Barcelona pada era 1990-an. Tumbuh di tengah tengah keluarga pesepak bola,  Busquets ditakdirkan untuk menjadi pemain sepak bola berkat ayahnya yang selalu ingin melihat putranya mengikuti jejaknya.

Awal karir sepak bola Busquet, ia mulai menjajaki di beberapa akademi lokal. Beberapa akademi tersebut seperti Badia Del Valles, CEF Barbera, UE Lleida, Jabac Theresa sampai pada akhirnya ia melabuhkan diri di akademi sepak bola milik Barcelona, La Masia.

Di La Masia, Busquets masuk di level Barcelona Junior atau Juvenil A di musim 2006/07. Meski begitu, ia punya peran yang signifikan dengan  mampu menghasilkan 7 gol dari 26 pertandingan.

Selepas tiga tahun menjadi tulang punggung tim yunior Barcelona asuhan Alex Garcia bersama-sama dengan Bojan Krkic, Giovanni Dos Santos, dan Marc Crosas, ia kemudian naik ke Barcelona B.  Kejelian pelatih Barcelona B saat itu, Josep Guardiola, berhasil melihat bakat besar pada diri seorang Busquets.

Baca juga:  Masih Belia, Pablo Gavi Banyak yang Memprediksinya Akan Jadi Bintang Baru Barcelona

Orbitan Akademi Sepak Bola Barcelona

Setelah melakoni beberapa pertandingan di Barcelona, ia  langsung  melakoni debutnya dalam ajang La Liga pada 13 September 2008 melawan Racing de Santander yang berakhir seri. Dalam ajang Liga Champions, Busquets berhasil mencetak gol kedua saat Barcelona melawan FC Basel pada 22 October 2008.

Sementara gol pertamanya baru tercipta pada tanggal 7 Maret, ketika bertanding melawan Athletic Bilbao. Puncak kegemilangan pertama Busquets adalah saat ia berperan besar dalam menenggelamkan  Manchester United pada pertandingan final Liga Champions 2009, membuatnya berhasil memenangkan kompetisi antar klub-klub besar Eropa yang bermain pada klub yang sama.

Musim selanjutnya, Busquets semakin mengukuhkan diri sebagai gelandang utama Barcelona. Dengan total 47 penampilan, menggeser peran gelandang sebelumnya, Yaya Toure untuk memaksanya kerap menepi di bangku cadangan dan akhirnya terpaksa hengkang ke klub kaya Inggris, Manchester City.

Baca juga: Adama Traore, Pemain Barcelona Bertubuh Kekar Dan Lincah

Pemain Jangkar Andalan Blaugrana

Awal Agustus 2014, setelah pensiunnya kapten Barcelona, Carles Puyol dan atas permintaan pribadi Puyol, ia memberinya nomor 5 untuk musim yang akan datang. Kegemilangan lagi lagi menghampiri Barcelona. Busquets tampil sebagai starter di final Liga Champions, ketika ia merebut trofi kelima mereka di Liga Champions setelah mengalahkan Juventus di Olympiastadion Berlin.

Hal Ini menjadikan Blaugrana  klub pertama dalam sejarah yang memenangkan treble liga domestik, piala domestik, serta Liga Champions dua kali, dan Dani Alves, Sergio Busquets, Andrés Iniesta, Lionel Messi, Pedro, Gerard Piqué, dan Xavi menjadi satu-satunya pemain yang mencapai prestasi yang sama.

Sergio Busquets telah menjadi patron lini tengah FC Barcelona. Pemain bertinggi 189 sentimeter itu telah jadi bagian sangat penting di dalam tim. 

Selain perannya sebagai gelandang jangkar mampu mengembangkan sangat baik dari musim ke musim. Busquets adalah jenderal baru yang memimpin lini tengah Barcelona dalam diam sepeninggal Xavi Hernandez.

Baca Juga: Cerita Lika Liku Karir Jesse Lingard, Sebagai Seorang Gelandang Serang United

Sergio Busquets Menjadi Kapten Barca Musim Ini

Ketangguhan fisik dan mentalitas pemain mampu jadi jembatan penyeimbang antara lini pertahanan dan depan. Selain itu, dalam kondisi darurat, ia pun bisa dimainkan sebagai bek tengah. Akhirnya ia dipercaya menjabat sebagai kapten Barcelona, selepas hengkangnya Lionel Messi pada 2021/ 22.

Secara permainan, ia merupakan salah satu gelandang bertahan yang berbahaya meskipun tanpa bola. Faktor utamanya karena kepintarannya menempatkan diri dalam posisi yang bisa menemukan ruang.

Di Barcelona, ia adalah pemain yang selalu berhasil mempertahankan posisinya meski kursi kepelatihan  dan pemain baru terus bergantian masuk dan keluar.  Hampir satu setengah dekade  Sergio Busquets membela klub Blaugrana, ia  telah mengemas  675 penampilan.  42 assist dan 17 gol menjadi sumbangsihnya.

Adapun dari penampilan pemain bernomor punggung 5 itu sukses mempersembahkan beberapa trofi bergengsi untuk Barcelona di antaranya adalah 8 kali Trofi  La Liga Spanyol, 3 kali Juara UEFA Champions League, 8 kali Juara Piala Liga dan 3 kali juara Piala Dunia Antarklub, 3 kali UEFA Super Cup, dan 7 kali juara Copa Del Rey Spanyol.  Meski jarang mendapat penghargaan Individu prestisius, Sergio Busquets akan selalu dikenang sebagai gelandang terbaik di dunia. 

Baca juga: Mengenal Emerick Aubameyang, Striker Tajam Gratisan dari Arsenal

3 Comments
  1. […] Baca juga: Profil Sergio Busquets, Era Baru Captain Barcelona […]

  2. […] Baca juga: Profil Sergio Busquets, Sang Kaptain Baru Barcelona Setelah Lionel Messi […]

  3. […] ini Jordi Alba menjadi pemain terlama keempat  di Barcelona setelahSergi Roberto, Sergio Busquet, dan Gerard Pique. Adapun pemain berusia 33 tahun tersebut sudah mencatatkan 425 penampilan, 24 gol […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.