Berita Nasional Terpercaya

Cegah Kerumunan di Libur Lebaran, Ini yang Disiapkan Pemkot Jogja

1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Kota Yogyakarta siap melibatkan tim dari organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengurai dan memantau kepadatan wisatawan di masa libur Lebaran nanti. Hal ini juga bertujuan untuk memastikan protokol kesehatan (prokes) berjalan dengan optimal di lapangan.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, tren kunjungan wisatawan ke wilayah setempat diprediksi bakal mulai terlihat sejak Lebaran H-2. Puncaknya akan terlihat pada Lebaran H+3. Pihaknya akan memastikan bahwa pengawasan kepada pengunjung optimal di lapangan.

“Kami kerja sama dengan seluruh stakeholder dan ada tim gugus yang nantinya selain bertugas menyiapkan destinasi juga mengawasi penegakan prokes,” kata Heroe, Minggu (24/4/2022).

Baca juga: Kota Jogja Terus Dorong Kebangkitan Kampung Sayur

Ia meneruskan, tim gugus nantinya juga melibatkan posko di tingkat RT guna memantau aktivitas pariwisata di kampung-kampung. Destinasi kampung wisata masih jadi andalan Pemkot setempat selain jalur bersepeda Monalisa.

“Posko RT kita minta siap terutama berkaitan dengan kunjungan orang dari luar agar semuanya menjalankan prokes dengan baik,” imbuhnya.

Heroe menambahkan, saat ini pihaknya juga telah menyiapkan grafis dan berbagai informasi panduan yang nantinya ditujukan bagi wisatawan agar lebih mudah saat berwisata di Jogja. Informasi panduan itu akan disebar melalui akun sosial media pemerintah agar wisatawan lebih nyaman.

“Tujuannya untuk memberikan panduan ke masyarakat, kalau mau ke Jogja kita sudah siapkan panduan dan teknis petunjuk supaya mereka bisa menikmati Jogja di masa liburan ini,” jelasnya.

Baca juga: PPKM Level 3 Batal, Pemkot Jogja Siapkan Skema Ini

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menyebut, nantinya petugas gabungan yang terdiri dari berbagai OPD akan ditempatkan di berbagai destinasi wisata untuk mengoptimalkan layanan kepada pengunjung.

Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana penunjang guna memastikan kenyamanan wisatawan saat berpelesir ke Jogja.

“Prediksi jumlahnya belum kami perkiraan tapi yang pasti persiapannya sudah kami lakukan. Baik untuk kanal aduan, sarana penunjang prokes serta petugas yang nantinya ditempatkan di destinasi wisata,” kata Wahyu. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.