Berita Nasional Terpercaya

Zelensky Ingin Bertemu Putin Secara Langsung untuk Akhiri Perang

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

UKRAINA, BERNAS.ID – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengungkapkan keinginannya untuk bertemu langsung dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Pertemuan secara langsung itu menjadi bagian untuk mengakhiri perang.

Menurut Zelensky, siapa yang memulai perang, dialah yang bisa mengakhiri perang tersebut. “Saya pikir siapapun yang memulai perang ini akan mampu untuk mengakhirinya,” tutur Zelensky dalam konferensi pers seperti dikutip dari AFP, Sabtu (23/4/2022).

Baca Juga IMF: Perang Rusia- Ukraina Bikin Dunia Terancam Resesi

Zelensky mengaku tak takut untuk bertemu dan bernegosiasi dengan Putin. Ia akan melakukan itu untuk menghadirkan kesepakatan damai antara Rusia dan Ukraina.

“Dari awal, saya bersikeras melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia,” katanya. “Bukannya saya ingin [bertemu dengannya], tapi saya harus bertemu dengannya untuk menyelesaikan konflik ini lewat cara diplomatik,” ujar Zelensky.

Selain itu, Zelensky mengaku akan mengakhiri pembicaraan bila Rusia masih saja melakukan serbuan yang menewaskan warga Ukraina baik sipil maupun militer. Ia pun menyebut Mariupol, kota Ukraina di pesisir Laut Hitam kini menjadi medan pertempuran invasi Rusia.

Baca Juga Pemerintah Inggris Kini Melatih Tentara Ukraina

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Pertahanan AS Llyod Austin akan berkunjung ke Kyiv, Ukraina, pada Minggu (24/4/2022). Pada hari yang sama, itu genap tiga bulan Rusia menginvasi Ukraina. Rusia diketahui pertama kali masuk ke Ukraina pada 24 Februari lalu.

“Besok, pejabat Amerika (Serikat) akan datang mengunjungi kita, saya akan bertemu Menteri Pertahanan (Lloyd Austin) dan Antony Blinken,” kata Zelensky kepada wartawan. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.