Berita Nasional Terpercaya

Kenali Perbedaan Lipstick, Lip Gloss, Lip Cream, dan Lip Tint

0

BERNAS.ID – Penampilan perempuan tak bisa lepas dari pewarna bibir yakni lipstick, atau sebagian orang menyebutnya gincu. Lipstick telah eksis di dunia kecantikan sejak ribuan tahun.

Bangsa Sumeria Kuno pada 5.000 tahun lalu memakai lipstick yang terbuat dari batu permata, minyak dan lilin. Sementara orang mesir Kuno memakai lipstick merah sebagai indikator status sosial.

Seiring perkembangan zaman, pewarna bibir bertransformasi menjadi beberapa jenis. Kita mengenalnya dengan istilah lip gloss, lip cream, dan lip tint. 

Baca Juga: Dr Alia : Jangan Sembarangan Beli Obat Kecantikan Secara Online

Tak jarang, sebagian orang masih kesulitan membedakannya. Yuk, ladies, kita kenali perbedaan lipstick, lip gloss, lip cream, dan lip tint.

Lipstick

Kita semua mengenal bentuk gincu satu ini. Dengan tempat berbentuk tabung kecil yang harus diputar untuk mengeluarkan isinya yang padat. Mengutip Makeup Scholar, bahan dasar lipstik adalah lilin dari carnauba dan lilin lebah atau beeswax.

Sebagai informasi, lilin lebah merupakan percampuran minyak serbuk sari dan lilin di sarang lebah. Beeswax inilah yang membuat lipstick memiliki bentuk padat.

Bahan tersebut kemudian dicampur minyak untuk menciptakan tekstur yang lembut dan bersifat antimikroba. Pewarnanya biasanya kombinasi dari tumbuhan, hewan, atau bahan sintetis.

Tak hanya itu, terdapat bahan emolien yang berfungsi untuk melembabkan bibir dan mencegahnya menjadi kering. Tak jarang, lipstick juga mengandung bahan yang melindungi bibir dari sinar matahari dan aloe vera.

Lipstik memiliki daya tahan yang lama, artinya tidak mudah pudar. Selain itu, pewarna bibir satu ini menghasilkan berbagai macam efek, mulai dari mengkilap, satin, high gloss, semi-matte, hingga mate.

Lip Gloss

Melansir dari Stylosee, lipgloss berbentuk cair dan biasanya digunakan pada bibir yang belum diberi pewarna. Tapi, kita juga bisa memakai lip gloss setelah lipstik atau lip cream untuk menambah kesan kilau dan warna tambahan.

Baca Juga: Mengenal Niacinamide: Solusi Untuk Kulit Cantik Dan Sehat

Lip gloss terbuat dari emolien yang berfungsi untuk melindungi, melembabkan, dan melumasi permukaan bibir. Tak jarang, lip gloss juga memiliki bahan tambahan seperti beeswax atau lanolin.

Mengutip Her World, hasil akhir dari lip gloss bisa mendehidrasi bibir yang kering dan pecah-pecah, sehingga dapat menyembunyikan garis-garis pada bibir.

Lip Cream

Lip cream merupakan jenis pewarna bibir yang paling berpigmen. Mirip dengan lip gloss dan lip tint, lip cream berbentuk cair. Lip cream menghasilkan rona warna yang konsisten dan teksturnya lebih kental serta lembut. 

Bahan dasar utamanya yang berupa air membuat lip cream terasa ringan di bibir. Pewarna bibir ini juga lebih mudah kering dan tahan lama, serta menghasilkan kesan matte.

Meski demikian, ada juga jenis lip cream yang menghasilkan kesan berkilau dan mengkilap di bibir.

Lip Tint

Lip tint makin digandrungi semenjak Korea Selatan mempopulerkan makeup natural. Pewarna bibir berbentuk cair ini akan meninggalkan stain pada bibir sehingga menimbulkan kesan tidak sempurna.

Baca Juga: Cara Memerahkan Bibir Secara Alami Dengan Cepat

Namun, justru itu yang membuat lip tint ini sempurna. Bibir menjadi tampak berwarna natural seperti tanpa tambahan pewarna. Sekarang ada berbagai rasa yang membuat pewarna bibir ini makin menarik, seperti buah-buahan. Lip tint cukup menghidrasi karena konsistensinya yang berair.

So, ladies, mana pewarna bibir yang cocok untuk kalian? 

Leave A Reply

Your email address will not be published.