Berita Nasional Terpercaya

PM Inggris Boris Johnson, Tak Yakin Putin Bakal Luncurkan Nuklir

0

INGGRIS, BERNAS.ID – Inggris tak percaya Presiden Rusia, Vladimir Putin bakal meluncurkan nuklir jika kalah perang di Ukraina. Hal itu disampaikan Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson.

Pernyataan itu keluar dari mulut Johnson saat menjawab pertanyaan pembawa acara televisi, apakah ia curiga Putin akan menggunakan taktik nuklir sebagai senjata pemungkas seperti yang diberitakan Reuters. “Tidak,” ujar Johnson.

Baca Juga IMF: Perang Rusia- Ukraina Bikin Dunia Terancam Resesi

Ia pun berkomentar tentang dukungan rakyat Rusia terhadap Putin saat ini. “Jika melihat dukungan orang-orang Rusia atas yang ia (Putin) lakukan dan media Rusia yang tidak menyadari apa yang sebenarnya terjadi di Ukraina, paradoksnya adalah Putin memiliki lebih banyak ruang politik untuk mundur, menarik (pasukan dari Ukraina),” ujar Johnson.

Perdana Menteri Inggris ini pun menanggapi ancaman dari Kementerian Pertahanan Rusia yang akan melakukan tindakan ‘proporsional’ terhadap Inggris jika terus memprovokasi terkait konflik Ukraina.

Baca Juga Pemerintah Inggris Kini Melatih Tentara Ukraina

Ia menegaskan, bahwa Ukraina memiliki hak untuk melindungi wilahyah mereka seperti pernyataan Menteri Angkatan Bersenjata Inggris, James Heappey, Rabu (27/4/2022).

Heappey sebelumnya menyatakan dukungan bagi Ukraina untuk melakukan serangan balik ke wilayah Rusia menggunakan senjata dari Inggris. “Perang pun dimulai antara Ukraina dan Rusia. Dalam perang Ukraina perlu menyerang wilayah lawan entah jalur logistik, pasokan bahan bakar, depot amunisi atau yang lain,” papar Heappey kepada Times Radio yang dikutip The Guardian, Rabu (26/4/2022).

“Benar-benar sah bagi Ukraina menargetkan wilayah Rusia untuk mengganggu logistik, yang jika tidak diganggu akan berdampak pada kematian dan pembantaian di Ukraina,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.