Berita Nasional Terpercaya

SLI Selenggarakan Futuristic and Inspiring Forum 2022 untuk Wujudkan Indonesia 5.0

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – School of Life Institute (SLI) sebagai pendukung program Kampus Merdeka, Merdeka Belajar melaksanakan seminar virtual dengan tema “Futuristic and Inspiring Forum 2022”. Forum virtual nan futuristik ini membahas tentang edukasi, kepemimpinan dan riset untuk menginspirasi masyarakat Indonesia dan generasi milenial menuju Indonesia 5.0 alias Indonesia Jaya.

Ketua FORMMIT, Achmad Prayogi, S.Si., M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan untuk kesekian kalinya FORMMIT berkolaborasi dengan SLI melakukan kegiatan yang memberikan banyak manfaat baik bagi para pemuda maupun seluruh masyarakat Indonesia.

“Kami menyadari perkembangan zaman cepat, dari Revolusi industri 4.0 diikuti dengan Society 5.0 merupakan sesuatu tantangan yang memerlukan adaptasi bagi tiap individu dalam mengikuti perkembangan zaman. Untuk itu, ilmu pengetahuan dan teknologi harus terus berkembang, harus terus melakukan inovasi sehingga dapat menghadapi tantangan pada kehidupan ini,” tuturnya, Sabtu (23/4/2022).

“Tentunya inovasi itu tidak bisa kita dapatkan dengan cara berdiri sendiri namun inovasi itu bisa didapatkan dengan berkolaborasi. Semoga kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat khususnya bagi pemuda yang nantinya akan menjadi penerus kita saat ini,” imbuhnya.

Baca Juga UNY Ditunjuk Sebagai Koordinator Tes Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan

Wakil Rektor 1 Universitas Respati Yogyakarta, Dr Fransiska Lanni, MS mengatakan, SLI bisa menjadi wadah untuk menyalurkan ilmu pengetahuan dan teknologi dari akademisi, baik dari institusi dalam maupun luar negeri.

“Masa pandemi Covid-19 ini telah memaksa kita lebih cepat menghadapi revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0. Delusi teknologi dan pemberlakuan ekonomi digital telah mengubah seluruh aspek kehidupan kita tanpa sekat dan batas lagi,” ujarnya.

Menurut Dr Lanni, acara FIF 2022 ini sangat bermanfaat dalam memberikan bekal tambahan untuk lebih siap lagi menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0. “Semoga SLI ke depan dapat berkembang dan memberikan banyak kontribusi langsung melalui kolaborasi baik dibidang akademik, pengabdian maupun penelitian nantinya ke masyarakat terutama untuk pencapaian SDGs,” imbuhnya.

Baca Juga UNY Hasilkan Doktor Dual Degree Dengan ABAI KNPU Kazakhstan

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Keynote Speaker dan narasumber.

Dr Jakir Hossain Bhuiyan Masud, MD, seorang Expert Member di WHO Digital Health Technical Advisory Group’s (DHTAG), Roster of Experts at World Health Organization mengangkat tema “The Roles of Articial Intelligence towards Better World and Brighter Civilization”.

Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng, Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) mengangkat tema “School 5.0 and Leadership 5.0”.

Dr. Isra Wahid, MD., Ph.D, Dosen Pengampu di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin mengangkat topik Research 5.0.

Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S, Neurolog dan Anggota Majelis Akreditasi BAN PT mengangkat topik “Membangun SDM Unggul: Perspektif Edu-Neuro-Leadership”. (*/jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.