Berita Nasional Terpercaya

Jokowi Menelepon Presiden Rusia Agar Menghentikan Perang di Ukraina

1

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghentikan perang di Ukraina. Sebelumnya, Jokowi juga menghubungi Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky terkait perang yang sedang terjadi.

Rusia telah menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022. Invasi dilakukan usai rencana Ukraina bergabung dengan NATO. Invasi masih berlangsung hingga saat ini.

Baca Juga Kementerian Kominfo Dorong Warganet Bayar Pajak Pakai Aplikasi Digital

Jokowi menegaskan, posisi Indonesia dalam mendukung perdamaian sehingga menyampaikan penghentian perang saat menelepon Putin. “Saya menggarisbawahi perang harus dihentikan segera dan memberi kesempatan untuk negosiasi damai. Indonesia siap berkontribusi untuk mencapai tujuan ini,” cuit Jokowi dalam akun Twitter resminya, Jumat (29/4/2022).

Jokowi menyebut, kepada Putin juga membahas situasi di Ukraina saat ini. Jokowi dan Putin juga membicarakan kerja sama G20 dalam komunikasi itu.

Baca Juga Bersiaplah, Pajak Kripto Berlaku Mei, Untuk Jual Maupun Beli

Pernyataan Jokowi di akun Twitternya selaras dengan keterangan resmi Rusia. Melalui situs resmi Kremlin, Rusia mengakui ada pembicaraan tentang Ukraina dalam komunikasi Jokowi-Putin.

“Atas permintaan Joko Widodo, Vladimir Putin menguraikan pandangan Rusia tentang situasi di Ukraina terkait operasi militer khusus yang sedang berlangsung,” bunyi pernyataan resmi Rusia.

Rusia pun mengkonfirmasi keduanya akan berkomunikasi kembali di masa mendatang.

Sebelumnya, Jokowi juga menghubungi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk membahas perang Ukraina-Rusia saat menelepon Zelensky.

“Kemarin, saya bicara dengan Presiden Ukraina, @ZelenkyyUa. Saya ulangi, Indonesia mendukung segala upaya negosiasi damai untuk untuk berhasil dan siap memberikan bantuan kemanusiaan,” ungkap Jokowi di Twitter pada Kamis (28/4/2022). (jat)

1 Comment
  1. […] Baca juga: Jokowi Menelepon Presiden Rusia Agar Menghentikan Perang Di Ukraina […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.