Berita Nasional Terpercaya

H-2 Lebaran, Pelabuhan Merak Terus Dipadati Pemudik

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Memasuki H-2 Lebaran pada Sabtu (30/4/2022), situasi Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten dipadati pemudik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauhuni, Lampung.

Kepadatan kendaraan sudah terjadi sejak Jumat (29/4/2022) dini hari dan terus meningkat hingga malam hari.

Suasana di kantong parkir di tujuh dermaga yang beroperasi, dipadati kendaraan yang didominasi mobil pribadi dan bus.

Sementara pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua juga terus berdatangan ke Pelabuhan Merak untuk dapat diseberangkan ke Pulau Sumatera.

Guna mengontrol jumlah kendaraan di dalam area pelabuhan, pihak kepolisan memberlakukan sistem buka tutup di Jalan Cikuasa Atas hingga antrean masuk ke dalam tol Tangerang-Merak.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi, diketahui banyak calon penumpang yang datang belum memiliki tiket.

“Yang terjadi adalah banyak penumpang datang ke pelabuhan tanpa tiket, belum bertiket. Jadi kita ingatkan kepada calon pemudik apabila ingin melakukan perjalanan, kami sarankan untuk membeli tiket di luar pelabuhan sebelum masuk ke pelabuhan,” kata Shelvy, Sabtu (30/4/2022).

Baca juga: Kemenhub Bangun 13 Pelabuhan Penyebrangan Di Sumut, Dukung KSPN Danau Toba

Shelvy meneruskan, tiket dapat dibeli melalui feryzi.com atau melalui aplikasi ponsel.

Sehingga, calon penumpang saat sampai di pelabuhan tidak perlu menunggu lama yang berujung pada antrean panjang.

“Ketika mereka (penumpang) belum punya tiket akhirnya mereka menghambat kendaraan di belakangnya,” ujar Shelvy.

Baca juga: Menhub Minta Harga Tiket Kapal Penyeberangan Di Siang Hari Didiskon

Berbagai upaya menurutnya telah dilakukan PT ASDP untuk mengurai kepadatan kendaran dengan mengoperasikan 42 kapal. Bahkan apabila dibutuhkan, jumlah kapal akan ditambah.

Selain itu, PT ASDP bersama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan PT Pelindo mengoperasikan satu dermaga di Pelabuhan PT Indah Kiat dan Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya atau Bojonegara.

Adapun pengoperasian kapal penyeberangan di lintas Merak – Bakauheni melalui Dermaga Indah Kiat selama periode angkutan lebaran Tahun 2022 terhitung mulai tanggal 27 April – 9 Mei 2022.

“Sementara  pelayanan kapal dari Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya dilakukan terhitung mulai tanggal 28 April sampai 1 Mei 2022,” tandas Shelvy. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.