Berita Nasional Terpercaya

Sambut Ramadan, BAZNAS Kota Jogja Ikut Perbaiki Sound System Masjid

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Menyemarakkan Ramadan 2022 di Kota Jogja, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Jogja sudah membuat program. Salah satunya adalah program perbaikan sound sistem masjid agar sesuai dengan aturan dari Kementerian Agama.

Ketua BAZNAS Kota Jogja Syamsul Azhari mengatakan, pihaknya sudah melakukan perbaikan sound system masjid, maksimal volume pengeras suara masjid sebesar 100 desibel (dB). Ini supaya suara dari masjid tidak terlalu keras dan mengganggu, namun masih enak didengarkan.

“Kami melakukannya untuk 108 masjid, bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia Kota Yogyakarta,” katanya, Kamis (31/3/2022).

Ia menerangkan, layanan ini gratis bagi masjid di Kota Jogja. Masjid yang membutuhkan menurutnya tinggal menghubungi BAZNAS, dan akan diturunkan tim untuk memperbaiki.

“Banyak masjid yang akustiknya jelek, padahal sound system-nya sebenarnya bagus. Ini karena tidak bisa nyettingnya, atau kabel tidak standar,” imbuh dia.

Baca juga: Penyaluran ZIS Baznas Kota Yogyakarta Bantu Penanggulangan Covid-19

Ia meneruskan, dalam Ramadan, jamaah masjid yang kurang mampu akan dibantu. Bantuan sedekah takjil dan sahur bagi penjaga maajid kurang mampu siap dilakukan.

“Kami juga melakukan bersih-beraih masjid, dan menyemprotkan disinfektan,” imbuhnya.

Baca juga: Rakernas BAZNAS 2022 Digelar di Jogja, Fokus ke Penanganan Bencana

Ia menambahkan, pihaknya tidak akan mengadakan buka bersama bagi masyarakat umum. Namun pihaknya memberikan bantuan buka dan sahur untuk petugas yang stand by di Balaikota Jogja.

“Itu seperti petugas pemadam kebakaran dan Satpol PP,” kata dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.