Berita Nasional Terpercaya

Mendagri Sebut Para Kepala Desa Puas dengan Kinerja Jokowi

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut para kepala desa di Indonesia puas dengan kinerja dan perhatian Presiden Joko Widodo terhadap permasalahan desa. Tito menganggap wajar jika Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) deklarasi dukungan Jokowi tiga periode.

Tito mengatakan, dukungan tiga periode merupakan bagian dari demokrasi. Menurutnya, di negara demokrasi, orang bebas menyuarakan apa saja. “Negara demokrasi orang menyuarakan apa saja. Namanya, aspirasi, mungkin mereka merasa happy karena di zaman Jokowi,” tutur Tito di Bilangan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (1/4/2022).

Baca Juga Jokowi Perintahkan Tito Ubah Stempel Kepala Desa Jadi Lambang Garuda

Lanjut tambahnya, Jokowi mengambil langkah cepat terkait kebijakan desa sejak pertama kali menjabat presiden dengan menetapkan posisi Menteri Desa. Meski UU Desa No 6 Tahun 2014 sudah diterbitkan sejak 15 Januari 2015, belum ada implementasi atas UU tersebut sampai Presiden Jokowi mulai menjabat di bulan Oktober. “Beliau cepat mengambil langkah pertama untuk menteri desa, yang belum pernah ada. Artinya fokus betul,” tutur Tito.

“Konsep beliau membangun daerah terpencil, pinggiran, desa menjadi sentra ekonomi baru. Itu paradigma yang diubah beliau, tadinya urban orientic, berorientasi pada kota,” imbuhnya.

Terlebih, Tito mengklaim sejak tahun 2015 hingga 2022, anggaran yang diberikan per tahun mencapai total Rp468 triliun. Jumlah itu diklaim menunjukkan keinginan Jokowi untuk membangun desa.

Baca Juga APDESI Menobatkan Presiden Joko Widodo Sebagai Bapak Pembangunan Desa

“Mungkin karena ketulusan, langkah-langkah beliau yang nyata dirasakan kepala desa-kepala desa merasa puas, merasa senang, dengan langkah-langkah itu dan mungkin memberikan apresiasi kepada Jokowi. Saya pikir begitu yang terjadi,” sahutnya.

Diketahui, seruan ‘Jokowi tiga periode’ menggema di acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Kepala Desa di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3/2022), yang dihadiri secara langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Menko Luhut Binsar Pandjaitan.

Ketua Umum Apdesi Surtawijaya mendukung Presiden Jokowi menjabat tiga periode. Ia mengklaim ide itu disetujui ribuan kepala desa. Bahkan, mereka berencana melakukan deklarasi usai Lebaran. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.