Berita Nasional Terpercaya

Eric Dier, Bek Veteran Tumpuan Tottenham Hotspur

Meski The Lilywhites kerap bongkar pasang pelatih mulai dari Mauricio Pochettino, Jose Mourinho, Nuno Espirito Santo,  hingga yang terbaru di bawah asuhan Antonio Conte, tidak lantas membuat Eric Dier tersisih. 

1

BERNAS. ID-Bek serba guna Timnas Inggris, Eric Dier telah meneken kontrak baru bersama Tottenham Hotspur. Dengan  kontrak baru itu,  akan membuatnya bertahan di  Tottenham Hotspur Stadium itu hingga 2024.

Pemain bernomor punggung 15 di Tottenham Hotspur itu telah menjadi pemain kunci di lini pertahanan Spurs sejak kedatangan dari Sporting Lisbon pada 2014 lalu. Meski The Lilywhites kerap bongkar pasang pelatih mulai dari Mauricio Pochettino, Jose Mourinho, Nuno Espirito Santo, hingga yang terbaru di bawah asuhan Antonio Conte, peralihan nakhoda tersebut tidak lantas membuat Eric Dier tersisih. 

Bahkan bersama Antonio Conte dengan  taktiknya 3-4-2-1, bek bertinggi 189 sentimeter cukup mendapat kepercayaan tampil penuh di lini belakang Tottenham. Eric membuktikan kemampuannya dalam 31 laga yang sudah ia lakoni musim ini di semua kompetisi.  

Eric Dier, sering kali diduetkan dengan rekrutan anyar mereka, Cristian Romero dalam beberapa laga terakhir. Lalu bagaimana perjalanan karir dan sepak terjang pesepak  bola timnas Inggris ini? Simak ulasan lengkap berikut ini.

Baca juga: Mengenal Japhet Tanganga, Bek Potensial Tottenham Jadi Incaran AC Milan

Tentang Eric Dier

Nama Lengkap : Eric Jeremy Edgar Dier

Tempat Lahir : Cheltenham, Inggris

Tanggal Lahir : 15 Januari 1994  

Kebangsaan : Inggris

Agama : Kristen

Klub Saat Ini: Tottenham Hotspur

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 15 Bek Tengah

Tinggi Badan : 189 cm

Kekuatan Tendangan: Kaki Kanan

Nama Instagram: @ericdier15

Baca juga:  Dibuang Real Madrid,  ini Cataan Karir Sepak Bola Sergio Reguilon yang Kian Moncer Bersama Tottenham

Eric Dier Menghabiskan Masa Tumbuh Portugal

Saat ini Eric Dier tercatat sebagai pemain sepak bola profesional yang sebagai pemain bertahan yang serbaguna.  Ia bisa ditempatkan sebagai gelandang bertahan, bek tengah dan bek kanan untuk tim Premier League, Tottenham Hotspur dan tim nasional Inggris. 

Cheltenham, d Inggris menjadi saksi kelahiran sang pemain pada 15 Januari 1994 silam. Meski lahir di Inggris, pemain dengan nama asli Eric Jeremy Edgar Dier lebih banyak menghabiskan masa tumbuh kembangnya di Portugal.

Hal itu juga mengantarkan Eric Dier mengawali karir sepak bola lewat debut mudanya bermain di akademi Sporting CP, saat usianya masih delapan tahun.  Di International Preparatory School, Akademi Sporting CP,  kemampuan sepak bola Eric cukup menonjol, hingga membuat mentornya di akademi, Miguel Silva memasukan namanya naik ke level pemuda pada 2010.

Eric Dier melewati jenjang muda selama dua musim, hingga tahun 2012 ia mendapatkan promosi ke skuad utama klub berjuluk Sportinguistas Leoes itu. Musim pertamanya bersama Sporting CP, ia mendapat kesempatan pengembangan diri  pergi ke Inggris menjalani masa peminjaman bersama Everton pada 30 Juni 2012.

Barulah ia kembali ke Lisbon pada 26 Agustus 2014. Kesempatan untuk debut di klub akademinya itu baru terwujud saat Eric Dier dimainkan dalam kemenangan kandang 1-0 Liga Primeira kontra Braga.  Usai debutnya itu, selang lima belas hari kemudian, ia sukses  mencetak gol pertamanya dalam hasil imbang liga 2-2 kontra Moreirense.

Baca juga: Ini Dia Profil Rodrigo Bentancur, Gelandang Anyar Tottenham Hotspur Asal Uruguay

Pulang Kampung Usai Diboyong Tottenham Hotspur

Di skuad utama Sporting  Eric Dier tak  bertahan semusim, kemudian  potensi  apiknya membuat  Tottenham Hotspur tertarik mendatangkannya.  Dier  akhirnya menerima pinangan The Lilywhites dengan menandatangani kontrak lima tahun dengan harga murah, hanya  4 juta Euro.

Pulang ke Inggris, pembukaan debut kompetitifnya terjadi pada hari pertama terselenggaranya kompetisi Liga Premier 2014/ 15. Dalam  debut itu, The Lilywhites  melakoni laga  tandang kontra West Ham United pada 16 Agustus. Dalam debut itulah ia menjadi pahlawan kemenangan usai mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut pada injury time.

Selama musim 2015/16, ia berperan sebagai gelandang bertahan atas mandat pelatih Tottenham kala itu, Mauricio Pochettino. Pelatih asal Argentina itu menjadikan dirinya sebagai mitra reguler untuk Mousa Dembélé saat Tottenham menantang Leicester City untuk gelar Liga Premier.

Dier Mencetak gol pertama Tottenham pada tanggal 15 Agustus, Liga Premier dengan hasil imbang 2-2 di kandang melawan Stoke City. Selama medio 2016/17, Dier pun kembali ke posisi bek tengah. 

Penyebab perubahan posisi tersebut karena akuisisi Tottenham atas gelandang bertahan Victor Wanyama. Lebih lanjut, adanya cedera atas dua bek inti, Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen yang mempengaruhi klub ini. Di pentas Eropa, Eric Dier membuat debutnya di Liga Champions UEFA dengan kekalahan 2-1 dari AS Monaco FC dalam pertandingan grup pembukaan Tottenham di Stadion Wembley.

Baca juga: Steven Bergwijn, Winger Lincah yang Kini Tersisih di Tottenham

Capaian 310 Penampilan Eric Dier Bersama The Lilywhites

Pemain bernomor punggung 15 di Tottenham Hotspur itu  telah menjadi pemain kunci di lini pertahanan Spurs sejak kedatangan dari Sporting Lisbon pada 2014.  Meski The Lilywhites kerap bongkar pasang pelatih, mulai dari Mauricio Pochettino, Jose Mourinho, Nuno Espirito Santo, hingga yang terbaru di bawah asuhan Antonio Conte, peralihan nakhoda tersebut tidak lantas membuat Eric Dier tersisih.

Secara keseluruhan sejak kedatangannya pada 2014/ 15 hingga kini, Eric sudah mengemas 310 penampilan di seluruh kompetisi, termasuk 11 gol dan 11 assist. Sementara di pentas internasional, Eric dipanggil pertama kalinya ke tim senior Inggris oleh manajer Roy Hodgson menjelang pertandingan persahabatan melawan Spanyol dan Prancis  5 November 2015. 

Eric Dier melakukan debutnya delapan hari kemudian. Sementara untuk gol internasional perdananya  terjadi pada 26 Maret 2016. Ia mencetak gol itu saat melawan timnas Jerman di Berlin. Hingga kini, ia telah torehkan 45 laga dan mencetak 3 gol untuk timnas senior The Three Lions.

Baca juga: Karir Ilkay Gundogan, Gelandang Muslim Sukses di Manchester City

Leave A Reply

Your email address will not be published.