Berita Nasional Terpercaya

Ini 4 Cara Starbucks Merambah ke Bisnis NFT

Starbucks akan meluncurkan NFT akhir tahun ini

0

 

Bernas.id — Non-fungible token atau token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) kini mulai merambah ke berbagai perusahaan multi-miliar dolar. Token digital yang banyak digunakan untuk penjualan karya seni atau barang-barang koleksi tersebut kini telah dibidik berbagai perusahaan untuk menjual produk merchandise-nya.

Salah satu perusahaan besar yang mulai membidik NFT adalah Starbucks. Dalam forum terbuka dengan mitra, CEO Starbucks, Howard Schultz menjanjikan tunjangan pekerja tambahan bagi pekerja dan inovasi digital menggunakan NFT. Schultz, yang merebut kembali kekuasaan raksasa kopi tersebut minggu ini, mengatakan perusahaan akan berada di bisnis NFT sebelum akhir tahun.

Menurut Schultz, dibandingkan dengan berbagai perusahaan, brands, influencer ataupun selebritas yang merambah ke platform dan bisnis NFT, aset Starbucks jelas lebih unggul dengan koleksinya hingga seluruh warisan perusahaan. Starbucks disebut Schultz memiliki banyak aset yang dapat diberi token dan menciptakan cara baru untuk terlibat dengan pelanggannya.

Jadi seperti apa konsep masuknya Starbucks ke bisnis NFT? Berikut adalah empat ide tentang bagaimana Starbucks dapat memanfaatkan NFT, dilansir di The Spoon:

 

1. Program Loyalitas yang Memberikan Hadiah Khusus untuk Pelanggan Bernilai Tinggi Starbucks

Adam Brotman, yang dulu menjalankan Starbucks digital dan sekarang adalah CEO Brightloom yang diinvestasikan Starbucks pernah menyarankan agar restoran dapat memberi penghargaan kepada pelanggan mereka yang paling setia dengan menerbitkan NFT kepada mereka.

Menurut Brotman, dengan program ini, restoran-restoran dapat memberikan kode untuk mengklaim NFT gratis untuk pelanggan setia mereka. NFT tersebut juga hanya akan diberikan secara terbatas.

Ide Brotman tersebut telah disoroti Schultz dalam forum dengan mitra. Ia menyoroti berbagai manfaat yang dapat diberikan restoran seperti acara khusus, penawaran eksklusif, dan banyak lagi. Dalam kasus Starbucks, keuntungan seperti akses pertama ke minuman spesial atau kopi sangrai, item menu gratis bulanan, atau aset digital seperti resep kopi spesial.

 

2. Keanggotaan Klub Kopi

Jalan potensial lain untuk NFT Starbucks bisa menjadi langganan ke klub kopi. Sebuah klub bisa jadi seperti Bored Breakfast Club, layanan berlangganan bertenaga NFT yang mengirimkan kopi sangrai spesial kepada pemegang NFT melalui pos. Program ini juga dapat mencakup beberapa keuntungan seperti klub Flyfish seperti akses khusus ke tempat unik Starbucks seperti tempat mengolah biji kopi mereka.

 

3. Akses ke Pengalaman Digital Unik

 

NFT Starbucks juga bisa menjadi tiket ke pengalaman online yang unik seperti tur lokasi kopi atau acara online virtual dengan pakar kopi. Ketika ditanya tentang ke mana dia melihat metaverse pergi, Adam Brotman bahkan menyarankan ini sebagai sebuah ide.

Di metaverse, berbagai pengalaman mengenai kopi Starbucks dapat dirasakan oleh para pelanggan. Hal-hal yang tidak bisa dilakukan di dunia nyata karena keterbatasan jarak atau biaya dapat dilakukan di dunia metaverse.

 

4. NFT Bisa Menjadi Wawasan Jauh Tentang Kopi Starbucks

 

Satu hal yang membuat NFT dan blockchain menarik adalah kemampuannya untuk memberikan bukti asal untuk produk makanan dan minuman. Starbucks telah lama membuat keributan tentang penggunaan kopi fairtrade, sehingga mudah untuk membayangkan bagaimana NFT dapat menjadi bukti dari mana kopi itu berasal dan memberikan wawasan mendalam kepada pembeli kopi tentang rantai penyimpanan dan asal kopi.

 

Sementara semua ini adalah spekulasi, beberapa ide di atas bisa menjadi arah yang dituju Starbucks dengan upaya NFT mereka. Perusahaan ini adalah pemimpin dalam digitalisasi pengalaman pelanggan dan diakui memiliki salah satu program loyalitas terbaik di industri.

Apalagi, kehadiran Adam Brotman di balai kota Starbucks dan bahwa perusahaan yang dia pimpin sekarang, Brightloom, pada dasarnya adalah hasil dari upaya Starbucks untuk mengubah aset program digitalnya menjadi perusahaan yang berdiri sendiri. Brightloom diperkirakan akan berperan besar dalam upaya NFT apa pun yang muncul dari Starbucks akhir tahun ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.