Berita Nasional Terpercaya

Setneg Tegaskan Teguran Bukan Pertanda Reshuffle Menteri

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Teguran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada sejumlah menteri bukan pertanda akan dilakukan reshuffle kabinet. Beberapa hari yang lalu, Presiden Jokowi menegur sejumlah menteri terkait wacana tiga periode dan tidak adanya penjelasan kenaikan harga pertamax dan minyak goreng.

Baca Juga Kemendagri Minta Pemda Percepat Penegasan Batas Desa

Pernyataan itu disampaikan Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini. Ia mengatakan semua anggota kabinet telah bekerja baik.

Faldo mengatakan, Presiden Jokowi hanya ingin mendorong para anak buahnya untuk bekerja lebih keras. “Presiden Jokowi memang pemimpin yang workaholic sehingga melihat sesuatu yang harus dikerjakan, ya harus selesai. Itu dorongan buat pembantu-pembantu Presiden,” tutur Faldo, Kamis (7/4/2022).

Lanjut tambahnya, reshuffle kabinet saat ini sebatas spekulasi publik. Ia mengaku sudah terbiasa menghadapi pertanyaan awak media tentang reshuffle kabinet beberapa waktu terakhir.

Baca Juga RUU TPKS Juga Mengatur Kekerasan Seksual Berbasis Elektronik

Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu menyampaikan, keputusan akhir reshuffle ada di tangan Jokowi. Namun, ia meyakini saat ini komposisi kabinet masih baik. “Evaluasi sudah rutin dilakukan. Ada yang sudah baik, dibuat lebih baik lagi. Yang lemah diperkuat. Yang lambat dipercepat,” ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi dua kali marah terhadap kinerja sejumlah menteri. Kemarahan pertama terjadi pada pertemuan di Bali, Jumat (25/3/2022).

Jokowi marah karena banyak instansi yang belanja produk luar negeri dengan anggaran negara. Dia juga marah karena kinerja buruk sejumlah instansi.

Pekan ini, Jokowi kembali marah kepada para menteri. Dia menyentil menteri-menteri yang tak komunikasi dengan rakyat saat menaikkan harga minyak goreng dan bahan bakar minyak.

Dia juga memerintahkan menteri stop bicara soal wacana penundaan pemilu hingga perpanjangan masa jabatan presiden. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.