Berita Nasional Terpercaya

15 Merek Ternama yang Terbitkan NFT, Ada Lamborghini

Starbucks akan Susul 15 Merek Ternama yang Terbitkan NFT

0

Bernas.id — Dalam waktu kurang dari setahun, industri NFT telah berkembang pesat. Non-fungible token ayau token yang tidak dapat dipertukarkan ini adalah aset digital seperti bitcoin, hanya saja mereka unik dan tak tergantikan, seperti memiliki karya seni asli secara online.

NFT menggunakan teknologi otentikasi yang sama seperti mata uang kripto dan mirip dengan aset digital lainnya, masih samar-samar dalam penggunaannya. Sementara beberapa NFT memiliki nilai moneter, yang lain menghubungkan pemilik ke komunitas atau bahkan dapat dipakai secara digital.

Baru-baru ini Starbucks mengumumkan akan meluncurkan NFT pada akhir tahun ini. Menurut CEO Starbucks, perusahaan ini memiliki aset yang besar untuk dijadikan token NFT.

Beberapa merek perusahaan ternama lainnya sudah terjun ke dunia kripto dengan meluncurkan NFT mereka. Berikut merek-merek tersebut dilansir dari berbagai sumber:

1. Lamborghini

Lamborghini menerbitkan satu NFT yang akan dilelang bersama Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimate Coupe terakhir. Karya seni ini akan bertema Mars dan dirancang oleh seniman Krista Kim, sementara DJ Steve Aoki akan membuat trek khusus yang akan ditampilkan sebagai bagian dari aset digital.

Pembeli NFT akan menerima fasilitas khusus, termasuk pratinjau virtual model edisi terbatas yang akan datang, tur pribadi ke museum Lamborghini di Italia dan hangout virtual dengan Aoki dan Kim. NFT baru mengikuti perilisan Aventador pada bulan Februari, yang menggambarkan mobil menembak ke arah bintang-bintang. Ke depan, Aventador akan dibuat ulang sebagai plug-in hybrid V12 karena Lamborghini berencana untuk menjadikan mobilnya elektrik pada tahun 2023 dan 2024.

 

2. Evian

Merek air Evian meluncurkan NFT pertamanya, seri 20 dengan artis Sara Shakeel. Satu-satunya desain menampilkan citra gemerlap bertema gunung Alpen yang merayakan warisan Gunung Alpen Prancis Evian. Ini juga membangun kolaborasi pengalaman antara Evian dan Shakeel yang diadakan awal tahun ini di London.

NFT akan dicetak di blockchain Tezos yang ramah lingkungan dan tersedia untuk dibeli melalui situs mikro bermerek Evian seharga €495 (Rp 7,76 juta) per buah. Semua hasil akan disumbangkan ke Somerset House Young Talent Fund untuk mendukung pelatihan seni digital dan tempat kerja bagi calon seniman di London.

 

3. Samsung

Samsung telah bekerja sama dengan pasar NFT Nifty Gateway untuk mengintegrasikan fungsionalitas platform ke TV-nya. Fitur ini akan memungkinkan pemilik TV untuk melihat, membeli, dan memperdagangkan NFT di layar mereka menggunakan Nifty Gateway. Ini akan tersedia dalam saluran TV Samsung 2022, termasuk produk QLED dan Neo QLED.

Beberapa model sebelumnya, seperti The Frame dan Micro LED, akan mendukung fungsionalitas dengan mengunduh aplikasi Nifty Gateway. Kemitraan ini dibangun dari pengumuman yang dibuat Samsung selama CES tahun ini, di mana ia menyatakan rencana untuk menawarkan fungsionalitas NFT.

 

4. MAC Cosmetics

Bahkan perusahaan kosmetik kini juga merambah ke dunia NFT. MAC Cosmetics telah bekerja sama dengan Keith Haring Foundation untuk merilis NFT yang menampilkan karya mendiang artis, dilansir di Adage. Haring adalah seniman grafiti Amerika yang gambar animasinya menjadi terkenal selama epidemi HIV/AIDS di akhir 1980-an.

Haring meninggal karena penyakit tersebut pada 1990. Koleksinya akan mencakup 5.275 NFT yang mencakup tiga tingkat kelangkaan: merah (5.000 token seharga $25 (Rp 359 ribu per buah), biru (250 token seharga $150 atau Rp 2,16 juta) dan kuning (25 untuk $1.000 atau Rp 14,4 juta).

Semua hasil dari NFT akan disumbangkan ke MAC Viva Glam, merek kosmetik nirlaba yang mendukung organisasi HIV/AIDS. Uang tersebut akan disebarluaskan ke layanan yang bermanfaat bagi remaja yang terkena dampak HIV/AIDS. NFT ini adalah kolaborasi dengan perusahaan perangkat lunak blockchain ConsenSys dan akan dicetak di rantai Polygon. NFT akan tersedia untuk dibeli melalui kartu kredit atau kripto di platform NFT ConsenSys mulai 10 April.

 

5. Acura

Untuk merayakan peluncuran Integra 2023 baru, Acura mengubah mobil menjadi NFT. Mereka yang memesan Integra di kehidupan nyata secara online akan memenuhi syarat untuk menerima salah satu dari 500 NFT mobil tersebut.

NFT dibuat oleh Andreas Wannerstedt, seorang desainer dan seniman 3D Swedia. Anak usaha pabrikan mobil Honda ini juga akan membuka showroom digital di metaverse pada 22 Maret, yang disebut Acura of Decentraland. Di sana pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar showroom, bermain game, dan melihat-lihat merchandise.

 

6. Susu Blue Diamond

Blue Diamond ingin minuman Almond Breeze-nya menjadi minuman resmi metaverse. Merek tersebut, bekerja sama dengan TBWA\Chiat\Day LA, mengumumkan koleksi NFT yang disebut #APEFUEL yang dimaksudkan untuk memberi makan kera di metaverse. Citra kera telah menjadi populer di NFT dan ruang metaverse yang lebih besar berkat koleksi NFT awal seperti CryptoPunks dan Bored Ape Yacht Club. Hewan itu bahkan telah memasuki leksikon kripto dengan “apeing in”, yang berarti membeli NFT atau token tanpa melakukan banyak penelitian.

#APEFUEL akan menampilkan 1.000 token gratis seni digital susu almond pisang Almond Breeze, tiga di antaranya akan datang dengan berlangganan satu tahun produk asli. Blue Diamond akan menyumbangkan 5% dari penjualan kembali NFT ke Future Farmers of America. Koleksi tersebut dibuka untuk umum pada 16 Maret, meskipun daftar tunggu dibuka pada 9 Maret agar para penggemar dapat mengaksesnya sehari lebih awal.

 

7. Pizza Papa John’s

Papa John’s meluncurkan koleksi NFT pertamanya—serangkaian desain tas tangan yang terinspirasi oleh tas pengiriman pizza. NFT ini mempromosikan elemen terbaru dari lini Papa Johns X Cheddar yang sedang berlangsung di rantai restoran pizza. NFT dibuat oleh desainer Tom Hoff, yang berbasis di Spanyol, dan seniman Ash Sketch dari Central Saint Martins di London.

Keduanya mengambil petunjuk dari tas kurir pengantar barang dan kampanye Papa X Cheddar tahun lalu, yang memperkenalkan pakaian jalanan termasuk berbagai pakaian dan aksesoris seragam pengemudi pengantar barang. Koleksi NFT ini mencakup 19.840 item, mengacu pada pendirian Papa Johns pada tahun 1984.

 

8. Grammy Awards

Grammy Awards juga meluncurkan NFT gratis. Mengikuti kemitraan yang dibuat musim gugur lalu antara The Recording Academy dan platform NFT OneOf, koleksi tersebut akan mencakup satu “tiket emas” NFT yang memberikan tunjangan perjalanan untuk dua orang ke acara Grammy tahun ini pada 3 April lalu di Las Vegas.

Tiga perilisan NFT berikutnya akan terjadi setiap minggu (pada hari Senin) menjelang acara, dengan setiap minggu menyoroti beragam karya dari seniman digital. Grammy tahun ini ditunda dari tanggal aslinya di bulan Januari karena lonjakan Omicron.

 

9. Jeans Wrangler

Peritel jeans Wrangler mengumumkan lelang NFT untuk merayakan penyanyi-penulis lagu dan penggemar lama Wrangler, Leon Bridges. Koleksi tersebut akan menampilkan 76 token pakaian khusus yang dirancang Wrangler untuk Bridges tahun lalu, salah satunya juga akan memberikan replika fisik pakaian tersebut kepada pemenang lelang.

 

10. Merek fashion Dolce & Gabbana

Protokol Boson membuat sejarah NFT pada September 2021 dengan mengakuisisi The Glass Suit, yang dirancang secara pribadi oleh Domenico Dolce dan Stefano Gabbana. Itu adalah bagian dari Collezione Genesi dari Dolce & Gabbana, sebuah koleksi mewah sembilan potong yang dikuratori secara eksklusif oleh pasar NFT, UNXD. Item ini dijual secara digital maupun di dunia nyata.

Boson memenangkan lelang dengan tawaran 351 Ethereum (ETH), atau $1 juta. Sebagai NFT, The Glass Suit hadir dengan berbagai pengalaman digital dan fisik termasuk rekreasi virtualnya di metaverse terbuka, fitting khusus yang tersedia di studio Dolce & Gabbana di Milan, akses ke acara couture di Italia dan dua pameran dua minggu di toko merek fashion tersebut.

Protokol Boson menggunakan The Glass Suit sebagai landasan pengalaman perdagangan metaverse andalannya, yang diluncurkan di Decentraland pada bulan November.

 

11. Majalah Playboy

Playboy telah membuat komitmen yang signifikan terhadap NFT. Di antara upaya yang lebih baru adalah koleksi Playboy Rabbitars, yang memberi penghormatan kepada tahun pendiriannya, 1953, dan imej kelinci yang ikonik.

Sedikitnya 12.000 karakter kelinci 3D telah dirilis dalam bentuk NFT, terinspirasi oleh ikonografi dan warisan merek dan memiliki karakteristik unik seperti bulu, fitur wajah, telinga, pakaian, aksesori, sifat terkait pekerjaan, dan telinga. Mereka juga merupakan kunci dari Playboy Club yang dirancang ulang, termasuk acara khusus anggota, merchandise, karya seni, dan kolaborasi artis.

 

12. Majalah Rolling Stone Australia

The Brag Media merilis NFT edisi terbatas Rolling Stone Australia pertamanya yang menampilkan superstar global lokal, Tones And I, saat ia merilis album debutnya. Ini adalah sampul NFT pertama untuk masthead ikonik dalam 53 tahun sejarah globalnya.

Mereka yang mendapatkan salah satu dari 350 bundel koleksi NFT, dengan harga $250, juga menerima salinan fisik dari edisi debut Rolling Stone Australia yang ditandatangani dan diberi nomor oleh Tones And I dan sebuah kaset eksklusif.

 

13. Reebok: sepatu edisi terbatas

Sebanyak 300 NFT Reebok dengan nilai $260.000 diberikan kepada pelanggan secara gratis pada November tahun lalu dan diklaim habis dalam waktu kurang dari lima menit.

Perusahaan sepatu dan pakaian olahraga telah merilis beberapa NFT, dicetak untuk mempromosikan peluncuran pelatih baru yang dibuat dalam kemitraan dengan musisi, A$AP Nast, dan diposisikan sebagai pakaian jalanan pertemuan Blockchain. Dua ratus NFT awalnya tersedia di pasar Wax Atomic Hub.

Sebanyak 300 NFT unisex terbaru dari sepatu Zig A$AP NAST Kinetica II Edge hadir dalam tiga varian untuk menggambarkan berbagai elemen yang dapat dikenakan sepatu tersebut. NFT didistribusikan melalui platform white-label, RFOX, yang merupakan penyedia teknologi eksklusif untuk Reebok dan merek NST2 ikon rap-fashion A$AP NAST, pada 1 Desember 2021.

 

14. NWay: Suvenir Olimpiade

Pemain game online, nWay, merambah ke NFT bertepatan dengan Olimpiade Tokyo 2021, merilis suvenir pin Olimpiade serta video game multipemain lintas-putar di bawah lisensi IOC.

Pin Olimpiade NFT diluncurkan dengan set perdana yang merupakan bagian dari Koleksi Warisan Olimpiade yang merayakan seni dan desain Olimpiade sebelumnya selama 125 tahun terakhir dan warisan grafis dari acara olahraga terbesar di dunia dengan menampilkan poster, lambang, piktogram, dan maskot.

Kolektor barang tidak berwujud dapat membelinya dari nWayPlay.com atau dari kolektor lain di pasarnya. Mereka juga berkesempatan mendapatkan NFT dengan memainkan video game bertema Olimpiade secara real-time dari nWay, yang perusahaan induknya adalah pengembang game, Animoca Brands.

 

15. PepsiCo

Kolase senyuman menjadi pusat perhatian dalam upaya NFT merek kripik kentak Lay’s di Romania pada tahun 2021. Merek PepsiCo membuat langkah pertamanya ke metaverse dengan Smiles, sebuah ImpactNFT yang terdiri dari lebih dari 3000 senyum dari pecinta kripik kentang Lay’s.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.