Berita Nasional Terpercaya

Kementerian Industri Sertifikasi Halal IKM Ponorogo

0

PONOROGO, BERNAS.ID – Halal telah menjadi trend gaya hidup global saat ini. Masyarakat dunia umum telah menjadikan produk halal sebagai pilihan produk dengan jaminan kualitas yang sehat dan bermanfaat untuk di konsumsi. Untuk itu, sertifikasi halal produk menjadi sangat penting bagi para pelaku usaha.

Salah satu upaya mempermudah dan mempercepat sertifikasi halal, Forum IKM Ponorogo mengadakan kegiatan Bimbingan teknik sertifikasi halal bagi pelaku usaha/IKM di Ponorogo serta penyerahan sertifikat halal pada hari Rabu, 6 April 2022 di Pendopo Kabupaten Ponorogo.

Baca Juga BLT UMKM 2022 Bakal Cair, Simak Besarannya

Kegiatan ini dihadiri Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, SE, MM., Kepala Kemenag Kabupaten Ponorogo, Kepala Dinas Perdagum, Ketua PD Aisyiah, Ketua Cabang Muslimat, Ketua Komunitas IKM/UKM Ponorogo serta para IKM.

Ketua Forum IKM Ponorogo, Sunarto dalam laporannya mengatakan tahun 2021, Forum IKM Ponorogo mendapatkan fasilitas halal gratis SEHATI 2021 untuk 10 IKM dan 2 IKM dari Kementerian Industri. Kegiatan bimtek ini diikuti 200 pelaku usaha untuk persiapan fasilitasi halal gratis SEHATI 2022 dengan target sebanyak 25.000 pelaku UMK dengan 10.000.000 produk tersertifikasi halal.

“Sertifikasi halal menjadi nilai tambah produk IKM dan perlu terus diupayakan agar produk-produk IKM makin banyak yang bersertifikat Halal,” tuturnya.

Baca Juga Cara Daftar BLT UMKM Secara Online Via Handphone

Guna mendorong kemudahan dan kelancaran proses halal produk itu, Bupati Ponorogo mengatakan Pemerintah Kabupaten sedang mengusahakan dan membenahi RPH agar segera berfungsi dengan ditambahkan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kemenag, Dr H M Nurul Huda, SAg, MPd dalam sambutannya menyampaikan pentingnya makanan dan minuman yang halal dan thoyyib. “Ini wajib dilakukan oleh para pelaku IKM dengan cara sertifikasi halal produknya. Kemenag Kabupaten Ponorogo siap mendorong dan membantu IKM dalam proses sertifikasi halal ini,” katanya.

Dalam kegiatan ini juga diadakan bazar produk IKM yang sudah tersertifikasi halal sekaligus penyerahan sertifikasi halal dan fasilitasi halal gratis SEHATI 2021 dari Kementerian Industri oleh Bupati Ponorogo. (*/jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.