Berita Nasional Terpercaya

Wiranto Sebut Jokowi Setia pada Konstitusi

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Wacana perpanjangan masa jabatan presiden menampar wajah Presiden Joko Widodo. Hal itu dikatakan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto saat jumpa pers di Kantor Wantimpres, Jakarta, Jumat (8/4/2022).

Wiranto menegaskan, Presiden Jokowi menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden sejak awal muncul. “Saat ada wacana presiden tiga periode, beliau kan sudah menjawab, itu sama saja dengan menampar muka saya, mungkin cari muka, mungkin itu menghancurkan saya,” ucap Wiranto.

Baca Juga Luhut Klaim Mobilitas Masyarakat Tertinggi Saat Ini

Ia mengingatkan, Jokowi sudah menyatakan setia kepada konstitusi saat wacana penundaan pemilu mencuat. Jokowi pun telah meminta para menteri tak bicara lagi soal wacana tersebut.

Wiranto mengatakan, perpanjangan masa jabatan presiden sulit terjadi. Ia menyebut harus ada amandemen konstitusi untuk mewujudkan hal itu.

Dukungan terhadap amandemen konstitusi terlalu lemah di MPR. Enam fraksi di DPR RI dan seluruh DPD RI menolak wacana tersebut. “Sebenarnya sudah jelas wacana itu akan berhenti di wacana karena tidak akan dapat diimplementasikan, diwujudkan, dan dilaksanakan,” ujar Wiranto.

Baca Juga Luhut Berharap Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diresmikan Presiden China Xi Jinping

Wiranto juga menyarankan mahasiswa untuk berdialog ketimbang demo yang direncanakan pada 11 April. Demo itu akan menyuarakan penolakan masa jabatan presiden tiga periode.

Ia mengaku siap bertemu dan berdialog dengan mahasiswa. Menurutnya, itu lebih baik daripada demo di jalan. “Ketimbang panas-panas di jalan, lebih baik kita bicara di ruangan yang adem, ngomong, bicara,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.