Berita Nasional Terpercaya

Mengenal Ben Davies, Karir Panjang Bek Lawas Tottenham

Pemain bernama lengkap Benjamin Thomas Davies, lahir pada hari 24 April 1993 di Neath, Wales. Ben Davies sejatinya merupakan salah satu produk dari akademi Viborg, sebelum akhirnya ia pindah, dan lebih dikenal sebagai jebolan akademi Swansea City.

0

BERNAS.ID –  The Lilywhites, Tottenham Hotspur berencana melepas salah satu pemain kawakan asal Wales, Ben Davies di bursa transfer musim panas tahun ini. Dikutip dari Tribalfootball, Rabu (23/6), pihak Spurs mengabulkan keinginan pemain  itu untuk undur diri dari London Utara.

Tak dipungkiri jika pergi dari Tottenham, ia akan lebih berkembang di tim lain. Minimnya menit bermain karena jam terbang reguler untuk posisi bek kiri kini lebih banyak diberikan kepada bek muda, Sergio Reguilon dan Ryan Sessegnon.

Sejauh ini klub Serie A, Napoli dikabarkan menaruh minat terhadap Ben Davies. Apalagi kedekatan petinggi The Lilywhites, Fabio Paratici dengan pejabat di Napoli akan semakin membuka pintu terealisasinya  kesepakatan tersebut.

Sebenarnya, pemain berusia 29 tahun itu masih terikat kontrak hingga 2024.  Ben Davies sudah berseragam Spurs sejak musim 2014/ 15 yang didatangkan dari Swansea City.

Dilansir dari laman Transfermarkt, banderol bek kelahiran Neath, Wales itu kini berada di kisaran angka 16 juta euro. Lantas bagaimana kiprah dan sepak terjang Ben Davies di Tottenham Hotspur? Smak ulasan lengkap bek lama berikut ini.

Baca juga: Matt Doherty, Bek Yang Mulai Mendapat Kepercayaan Antonio Conte Di Tottenham

Tentang Ben Davies

Nama Lengkap: Benjamin Thomas Davies

Tempat Lahir : Neath, Wales

Tanggal Lahir : 24 April 1993

Kebangsaan : Wales

Agama : Kristen

Klub Saat Ini: Tottenham Hotspur

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 33  Bek Kiri

Tinggi Badan : 181 cm

Kekuatan Kaki Dominan: Kaki Kiri

Instagram: @bendavies1108

Baca juga: Fakta Eddie Nketiah, Striker Muda Arsenal yang Minim Kesempatan

Kilas Balik Kehidupan Awal 

Pemain bernama lengkap Benjamin Thomas Davies, lahir pada hari 24 April 1993 di Neath, Wales. Ben Davies sejatinya merupakan salah satu produk dari akademi Viborg, sebelum akhirnya ia pindah, dan lebih dikenal sebagai jebolan akademi Swansea City. Saat ini Ben Davies tercatat sebagai pemain sepak bola profesional yang bermain pada posisi bek kiri untuk klub Liga Premier Inggris, Tottenham Hotspur serta  tim nasional Wales.

Lahir sebagai anak pertama bersama adik perempuan bernama Hannah , Ben Davies  tumbuh besar di tengah tengah keluarga berada. Ayahnya,  Alun Davies  merupakan seorang insinyur. Sementara ibunya Eryl Davies adalah  seorang ibu rumah tangga.

Ben Davies mulai meniti karir sepak bola di akademi  akademi Viborg sebelum akhirnya ia pindah ke Swansea City pada 2001.  Di akademi tersebut, Ben Davies  terus berkembang melalui berbagai barisan junior, muda dan mendapatkan reputasi pengembangan klub, baik dalam pertahanan dan serangan.  Sampai pada akhirnya, ia naik level untuk membela skuad utama  klub berjuluk The Swans, sebelas tahun kemudian kompetisi  2012/ 13.

Baca juga: Thiago Silva, Karir Bek Berpengalaman Chelsea yang Sempat Mengidap TBC

Ben Davies Mentas di Skuad Utama Swansea City

Kepercayan yang diberikan pelatih kala itu Michael Laudrup, Ben Davies membuat debut kompetitif di skuad utama Swansea pada Agustus 2012 kontra West Ham United untuk Liga Premier. Usai tampil perdana itu, Ben Davies mencetak gol pertamanya untuk Swansea saat melawan Stoke City dengan kemenangan 3-1 pada 19 Januari 2013.

Ben Davies menutup musim 2013/ 14 dengan tampil di lebih dari 41 pertandingan. Kemudian pada Desember 2013, pemain berebangsaat Wales itu  setuju meneken kontrak perpanjangan kontrak berdurasi lima musim, yang mana membuatnya tetap di Swansea hingga Juni 2017.

Usai perpanjangan kontrak itu, Ben Davis hanya bertahan semusim, lantaran pada 2014/ 15 Tottenham Hotspur ternyata sudah mengamati talentanya. Alhasil  Ben Davies pun menerima tawaran klub untuk bermain bersama The Lilywhites musim depan.

Baca juga: Kepa Arrizabalaga, Kiper Termahal Dunia yang Jago Gagalkan Penalti

Direkrut dari Swansea City

Tottenham Hotspur berhasil mendatangkan bek kiri Wales, Ben Davies dari Swansea City sebagai bagian dari regenerasi dan pengembangan talenta muda. disana ia berbagi peran dengan Danny Rose di sisi kiri pertahanan The Lilywhites.

Sejak kedatangannya ke White Hart Lane, markas Tottenham kala itu, Davies pun sempat dibarengi dengan gembar-gembor media bahwa ia disebut sebagai the next Gareth Bale, karena sama-sama berasal dari Wales dan beroperasi di sisi kiri. Namun nyatanya, awal karir Davies di Spurs tak berjalan mulus, Davies hanya dijadikan opsi kedua oleh Pochettino kala itu.

Pelatih berkebangsaan  Argentina itu lebih mempercayakan sisi kiri pertahanan kepada Danny Rose. Namun Davies tak sepatutnya risau, karena  hal yang wajar sebagai seorang debutan.  Ben Davies baru melakoni laga debut pada 23 Juli 2014 untuk Tottenham Hotspur sebagai pemain pengganti dalam kekalahan 0-3 dari Liverpool di Liga Premier Inggris.  

Baca juga: Edouard Mendy, Kiper Berprestasi Chelsea Ini Sempat ingin Pensiun Dini

Jalan Berliku Ben Davies di Tottenham

Di musim pertamanya bersama Spurs, Ben Davies lalui tidak terlalu buruk. Ia sukses diturunkan Pochettino tampil sebanyak 29 kali, dan mencatatkan dua kali assist.

Meskipun ia bukanlah pilihan utama Pochettino, ia harus tetap berusaha untuk dapat mengambil alih pos kiri pertahanan Tottenham yang dipercayakan pada  Danny Rose. Ia pun dituntut harus cepat beradaptasi dengan pola permainan Pochettino.

Perlahan namun pasti, berkat kesabaran dan kegigihannya, di musim ketiga nya, ia menjelma menjadi salah satu pemain andalan  bagi tim The Lilywhites. Pemain bertinggi 181 sentimeter itu menjadi pembeda di sisi kiri pertahanan Spurs. Gaya bermainnya yang agresif, serta umpan tarik dari sisi ke sisi, ternyata disukai Pochettino.

Davies mulai tampil regular, bahkan menggeser Danny Rose pada musim 2016/ 17 dengan tampil sebanyak 34 kali di semua kompetisi yang dilakoni Spurs. Hingga kini, ia sudah mengemas  263 penampilan 6 gol dan 22 dua assist sejak kedatangannya pada dari Swansea pada 2014.

Baca juga: Profil Ben Chilwell, Bek Sayap Kiri Andalan Chelsea yang Dibeli Dari Leicester City

Leave A Reply

Your email address will not be published.