Berita Nasional Terpercaya

Emerson Royal, Kisah Bek Sayap Spurs Korban Krisis Finansial Barcelona

Sebenarnya, Emerson Royal masih ingin bertahan di Barcelona. Karena krisis finansial yang melanda klub, ditambah datangnya  tawaran klub premier League, Tottenham Hotspur yang menggiurkan memaksanya harus rela pergi.

4

BERNAS. ID- Nama Emerson Royal musim ini  menjadi salah satu rekrutan Tottenham Hotspur yang sedang jadi perbincangan, terkait permainan bagusnya di skuad asuhan Antonio Conte. Royal, begitulah panggilan akrab pemain asal Brasil yang baru didatangkan dari Barcelona pada bursa transfer musim 2021/ 22/ ini.

Kedatangan Emerson Royal memang diproyeksikan untuk menempati pos bek kanan selepas ditinggal Serge Aurier  yang hengkang ke Villareal. Pemain bernama lengkap Emerson Aparecido Leite de Souza Junior itu lahir di kota terpadat Brazil, Sao Paulo pada pada 14 Januari 1999 silam.

Emerson Royal lahir sebagai anak bungsu, dari pernikahan kedua orang tuanya, Tania Ferreira (ibu) dan Leite de Souza (ayah).  Meski pos asli pemain Timnas Brasil ini sebagai bek kanan, Royal juga terkadang ditempatkan sebagai winger di Tottenham Hotspur.

Baca juga: Hugo Lloris,Ini Catat Panjang Si Kapten Spurs Di Bawah Mistar

Tentang Emerson Royal

Nama Lengkap : Emerson Aparecido Leite de Souza Junior

Tempat Lahir : Sao Paulo, Brasil

Tanggal Lahir : 14 Januari 1999

Kebangsaan : Brasil

Agama : Kristen

Klub Saat Ini: Tottenham Hotspur

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 12 Bek Kanan

Tinggi Badan : 188 cm

Kekuatan Tendangan: Kaki Kanan

Nama Instagram: emerson_royal

Baca juga: Matt Doherty, Bek Yang Mulai Mendapat Kepercayaan Antonio Conte di Tottenham

Debut di Liga Kompetitif

Kali pertama  karir sepak bola Emerson Royal diawali saat menimba ilmu di beberapa akademi level junior mulai dari Palmeiras, Sao Paulo dan Gremio. Hingga di level pemuda ia mengasah kompetensinya di akademi Ponte Preta pada tahun 2014, yakni salah satu tim yang kini bermain di di Campeonato Paulista,  Brasil.

Karir Emerson Royal menanjak setelah namanya masuk radar pengembangan jangka panjang klub untuk dipromosikan ke  skuad utama  Ponte Preta pada musim 2018/ 19. Sebagai debutan baru, di sana Emerson Royal tak bertahan lama, karena pada akhirnya Atletico Mineiro tertarik mengontrak pemain kelahiran Sao Paulo itu.

Untuk memuluskan kepindahannya,  ia kemudian dibayar klub berjuluk Galo Rooster itu dengan harga 5 juta euro. Debutnya untuk klub Atletico Mineiro dibuka pada 19 Mei 2018, saat bermain 90 menit penuh dalam kemenangan 1-0 atas rivalnya, Cruzeiro. 

Momen gol pertama di kasta teratas Brasil baru ia persembahkan pada 30 September. Adapun gol perdana itu ia cetak dalam kemenangan kandang 5-2 di Sport. Penampilan impresifnya bersama klub tersebut kemudian menarik banyak minat klub-klub Eropa, dan ia akhirnya memutuskan pindah ke La Liga Spanyol, Real Betis pada Januari 2019. 

Baca juga: Riyad Mahrez, Perjalanan Winger Muslim  Manchester City Asal Aljazair

Dibeli Dua Klub La Liga Spanyol

Dalam pembelian itu, Real Betis patungan dengan Barcelona untuk menyepakati kepemilikan bersama atas Emerson saat diboyong. Adapun kedua klub tersebut masing-masing membayar 6 juta euro, dengan kesepakatannya ia bermain di Betis dulu.

Setelah beradaptasi di klub Andalusia tersebut, Emerson secara perlahan dilibatkan ke tim utama Real Betis oleh pelatih saat itu, Quique Setien.  Ia bahkan menjadi pemain pilihan utama klub sejak musim 2019/ 20.

Eks bintang Ponte Preta itu bahkan nyaris tak tergantikan di pertahanan Real Betis sepanjang musim 2020/ 21 bergulir.  Pemain bertinggi 188 sentimeter itu mampu tampil dalam 33 laga di berbagai ajang. 

Emerson yang berposisi bek kanan tersebut mampu tampil apik selama bermain bersama klub berjuluk Béticos del Universo Verdiblancos. Ia sukses torehan 5 gol dari 79 pertandingan di seluruh kompetisi, sebelum berpindah klub ke Barcelona.

Baca juga: Phil Foden, Wonderkid Asal Inggris Didikan Akademi Manchester City

Ditebus Dari Real Betis

Kepincut dengan performa impresif  sang pemain, Barcelona kemudian berani mempermanenkannya. Untuk diketahui, Blaugrana, julukan Barcelona  tidak memberikan detail nilai transfer tersebut, akan tetapi surat kabar Spanyol, Marca menyebut bahwa mereka telah menyepakati untuk mahar sembilan juta euro (sekitar Rp1,56 miliar) untuk membawanya secara penuh ke Camp Nou.

Hal ini berarti, Real Betis akan menyimpan 20 persen dari hasil penjualan Emerson di masa mendatang. Kedatangan Emerson Royal pada masa itu jadi  rekrutan ketiga yang didatangkan Blaugrana, setelah  duo pemain Manchester City, Sergio Aguero dan Eric Garcia sebagai pemain bebas transfer.

Namun belum genap  satu bulan pindah ke Camp Nou, markas Barcelona,  Emerson Royal justru dilego ke Tottenham Hotspur. Emerson Royal dilepas Blaugrana ke Tottenham Hotspur pada detik-detik akhir penutupan bursa transfer musim 2021/ 22.

Padahal bek asal Brasil tersebut baru mencicipi tiga pertandingan di Liga Spanyol. Kekecewaan lantas menghampiri sang  pemain. Dirinya merasa terluka dengan perlakuan Barcelona terhadap dirinya.

Baca juga: Profil Karir Pesepak Bola Muda Berbakat Man United, Jadon Sancho

Baru Dibeli Dijual Lagi Barcelona

Sebenarnya, Emerson Royal masih ingin bertahan dan tidak ingin meninggalkan Barcelona. Namun apalah daya, karena krisis finansial yang melanda klub kala itu, ditambah datangnya  tawaran klub premier League, Tottenham Hotspur yang menggiurkan, memaksa nya harus rela pergi lebih cepat dari sana.

Menurut laporan Fabrizio Romano, seorang pakar bursa transfer Eropa, Barcelona dan Tottenham sudah sepakat terkait negosiasi Emerson Royal.  Alhasil, 30 juta euro atau sekira Rp 506 miliar dengan beberapa tambahan biaya yang tak disebutkan detail,  sukses dibayarkan The Lilywhites untuk mengamankan jasanya.

Pemain bernomor 12 itu  dinilai cukup baik dalam memerankan tugasnya sebagai bek sayap dalam formasi 3-4-2-1, membuatnya agak didorong ke depan. Selain bertahan, hal ini juga untuk memudahkan dalam membantu penyerangan. Sejauh ini Emerson Royal telah tampil sebanyak 34 kali di semua ajang yang dilakoni Tottenham Hotspur.

Baca Juga: Hampir Pensiun Dini Akibat Dibekap Cidera Parah, Ini Cerita Bek Sayap Luke Shaw 

Leave A Reply

Your email address will not be published.