Berita Nasional Terpercaya

Sultan HB X Ciptakan Gending Gati Dirgantara untuk TNI AU, Terinspirasi Gerak Pesawat Tempur

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X secara khusus menciptakan Gending Gati Dirgantara untuk TNI Angkatan Udara. Gending yang terinspirasi dari gerak pesawat tempur itu secara resmi diserahkan oleh Sultan HB X kepada KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam HUT TNI AU ke-76 di AAU, Sabtu (9/4/2022).

Penghageng KHP Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, KPH Notonegoro menjelaskan, terciptanya Gending Gati Dirgantara Laras Pelog Pathet Barang berawal dari Dhawuh Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X melalui penghageng KHP Kridhamardawa pada Januari 2022.

“Ngarsa Dalem [Sri Sultan HB X] berkenan untuk menciptakan sebuah Gending Gati yang akan diberikan kepada Angkatan Udara Republik Indonesia,” katanya dalam rilis berita dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Minggu (10/4/2022).

Ia menjelaskan, kata Dirgantara berarti awang-awang, langit, angkasa, atau ruang udara di atas bumi. Gending Gati Dirgantara ini berkarakter gagah, penuh semangat dan sangat identik dengan dunia kemiliteran. Berbeda dengan Gending Gati lain yang pernah ada di Kraton, Gending Gati Dirgantara memiliki beberapa keunikan.

Baca juga: Pertama Kali, Naskah Kraton Jogja Dipamerkan, Tandai 30 Tahun Sultan Bertahta

Adapun sejumlah keunikan itu antara lain, pertama, terdapat jenis kendangan khusus yang merupakan ciri khas dari Gending ini. Kedua terletak pada permainan instrumen tambur dan piatti yang berbeda dengan teknik yang biasa digunakan pada Gending Gati lainnya. Kemudian pada bagian akhir, permainan balungan dibuat cepat dan nada instrumen tiup berakhir pada nada tinggi.

Jalinan nada yang tersusun dalam Gending Gati Dirgantara ini, terinspirasi dari gerak pesawat tempur yang terbang gagah di angkasa dengan gerak meliuk-liuk, naik-turun dan bermanuver, untuk menjaga kedaulatan bangsa Indonesia. Dengan terciptanya Gending Gati Dirgantara tersebut, Kraton Yogyakarta berharap agar TNI AU semakin profesional, modern, tetap teguh pada visi dan misi, serta terus memberikan yang terbaik dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Baca juga: Begini Suasana Pemakaman Gusti Hadi, Adik Sultan Jogja

“Semoga Gending Gati Dirgantara ini bisa menjadi kenang-kenangan yang menambah semangat teman-teman TNI AU dalam menjaga kedaulatan NKRI, sekaligus menjadi tanda persahabatan dan kerja sama yang telah terjalin antara Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan rekan-rekan TNI AU,” ujarnya.

Ia menambahkan pada November 2022 silam, Kraton juga memberikan Gending Gati Marinir kepada TNI AL. Bedanya, gending yang dihadiahkan ke Korps Marinir ini merupakan Yasan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono VII yang memang sudah ada sejak masa pemerintahan beliau.

“Untuk Gending Gati Dirgantara Laras Pelog Pathet Barang ini merupakan Yasan Dalem Enggal dari Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X. Baru diciptakan awal tahun ini, untuk dihadiahkan ke TNI AU,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.