Berita Nasional Terpercaya

Thailand Menjadi Destinasi Terfavorit Usai Perbatasan Dibuka

2

Bernas.id – Berdasarkan data pencarian dari Agoda, Thailand menduduki puncak tangga lagu global sebagai tujuan wisata nomor satu yang paling banyak dicari dalam enam bulan ke depan.

Sejak tahun lalu, Thailand telah mengalami peningkatan angka wisatawan internasional yang stabil. Bahkan, data Agoda menunjukan adanya peningkatan minat sebesar 500% pada kuartal pertama tahun baru hingga saat ini.

Berdasarkan data yang diterima Bernas.id, Jepang menduduki peringkat pertama sebagai wisatawan yang tertarik berkunjung ke Thailand. Posisi berikutnya adalah Amerika Serikat yang disusul oleh Singapura. 

Hal ini menyusul upaya pemerintah setempat untuk merevitalisasi pariwisata internasional dengan inisiatif seperti Thailand Pass dan program Sandbox. Posisi keempat diikuti oleh Pasar Eropa, dimana Inggris menempati posisi keempat lalu diikuti Prancis dan Swiss.

Wisatawan berikutnya yang banyak berkunjung ke Thailand adalah Korea Selatan yang diikuti oleh Maladewa, Filipina, dan Indonesia.  Jika diurut dari jumlah terbanyak, berikut asal wisatawan yang berkunjung ke Thailand:

  1. Japan
  2. United States
  3. Singapore
  4. United Kingdom
  5. France
  6. Switzerland
  7. South Korea
  8. Maldives
  9. Philippines
  10. Indonesia

Sejak Thailand kembali dibuka, wisatawan yang mengunjungi Thailan sebagian besar berasal dari:

  1. USA
  2. Germany
  3. UK
  4. Russia
  5. France
  6. Sweden
  7. Israel
  8. South Korea
  9. Australia
  10. Switzerland

Baca juga: Kisah Joschy Saadeekhun, Pemilik Phuket Resto Yang Kuasai 200 Menu

Antisipasi Kedatangan Wisatawan

Untuk membantu mengantisipasi kedatangan wisatawan ini, Agoda telah bekerja sama dengan Finema dalam upaya bersama dengan Departemen Luar Negeri. Finema adalah perusahaan teknologi yang bertanggung jawab untuk pengembangan Thailand Pass. 

Kolaborasi ini bertujuan untuk membantu mengotomatiskan pengunggahan data pemesanan dan mempercepat proses aplikasi Thailand Pass dan mengurangi ruang untuk kesalahan atau penundaan.

Thailand Pass adalah sistem berbasis web gratis yang dirancang untuk membuat proses dokumentasi wisatawan yang memasuki Thailand lebih efisien daripada aplikasi Sertifikat Masuk.

Sama seperti Certificate of Entry, Thailand Pass bekerja dengan mengumpulkan data untuk formulir masuk yang diperlukan sekaligus mengumpulkan informasi perjalanan dan kesehatan.

Tujuan dari Thailand Pass yang baru adalah untuk membantu mendukung sistem “Kemudahan Perjalanan” negara tersebut setelah dibuka kembali dan untuk mempercepat proses pengisian informasi dan pengunggahan dokumen perjalanan..

Kolaborasi ini bertujuan untuk membantu mengotomatiskan pengunggahan data pemesanan dan mempercepat proses aplikasi Thailand Pass dan mengurangi ruang untuk kesalahan atau penundaan.

Baca juga: Mau Healing Ke Luar Negeri? Ini 5 Negara Di Asia Tenggara Yang Sudah Bisa Dikunjungi Turis

Mengenai Thailand

Thailand adalah sebuah negara di jantung Asia Tenggara yang berbatasan dengan Kamboja dan Laos, dan Myanmar. Sekitar 90 persen penduduknya beragama Buddha dan sekitar tiga juta Muslim tinggal di area selatan dekat perbatasan dengan Malaysia.

Makanan di Thailand dipengaruhi oleh budaya Cina dan India. Sebagian besar hidangan Thailand memiliki citarasa pedas dan asam. Negara tersebut memang terkenal dengan produksi kain Sutra yang Indah. 

Lokasi ibukota berada di Bangkok yang dikenal sebagai Venesia dari Timur karena memiliki 83 kanal. 

Kota Bangkok adalah rumah bagi banyak bangunan Buddhis yang menampilkan menara berlapis emas, pagoda yang anggun, dan patung Buddha raksasa.

Destinasi Wisata Thailand

Berdasarkan riset Agoda, banyak wisatawan datang ke Thailand untuk mengunjungi kota-kota seperti berikut:

1. Phuket

Phuket

Provinsi Phuket terletak di selatan Thailand. Phuket adalah pulau terbesar di Thailand dan terletak di laut Andaman. Provinsi terdekat di utara adalah Phang-nga dan provinsi terdekat di timur adalah Phang-nga dan Krabi.

Phuket memiliki pengaruh Cina yang besar. Saat berkunjung ke wilayah tersebut Anda akan melihat banyak kuil Cina dan Restoran Cina di sekitar kota. Setiap tahun Phuket selalu menyelenggarakan Festival Vegetarian Cina. 

Phuket dikelilingi oleh banyak Pantai yang indah seperti Rawai, Patong, Karon, Kamala, Kata Yai, Kata Noi, dan Mai Khao. Sudut pandang Laem Promthep dikatakan menampilkan matahari terbenam paling indah di Thailand.

2. Koh Samui

Koh samui
sumber wikipedia

Koh Samui (Pulau Samui) adalah pulau resor populer di Teluk Thailand dengan pantai yang menakjubkan. Destinasi pantai kosmopolitan ini cocok untuk wisatawan dari berbagai jelas. Anda bisa merasakan sensasi menginap di bungalow tepi pantai yang sederhana hingga menikmati kemewahan salah satu dari banyak resor dan villa bintang 5 di Koh Samui.

Koh Samui memiliki banyak objek wisata alam. Anda juga dapat menikmati beberapa situs sejarah, budaya dan agama yang benar-benar luar biasa serta pemandangan keindahan alam yang menakjubkan.

Baca juga: Belajar Dari Thailand, Begini Cara Menyiasati Bisnis Restoran Di Masa New Normal

3. Pattaya

Pattaya

Pattaya adalah resor pantai yang populer di Teluk Thailand. Lokasinya hanya 150 km tenggara Bangkok atau sekitar dua jam berkendara. Pattaya juga terkenal dengan kehidupan malamnya.

Ratusan ribu pengunjung datang ke Pattaya setiap tahun untuk berselancar angin, ski air, berenang, berjemur, snorkeling, berlayar, atau melakukan perjalanan ke pulau-pulau terdekat. Kegiatan lain yang busa Anda lakukan di Pattaya antara lain Bungee jumping, Bersepeda, terjun payung, go-Karting, Muay Thai (Thai boxing), dan Paintball.

Daya tarik utama lainnya bagi pengunjung Pattaya adalah berbagai pilihan restoran yang menyajikan beberapa Makanan Laut segar Thailand. Karena tingginya jumlah ekspatriat asing di Pattaya, Anda juga bisa menemui pilihan restoran yang menyajikan masakan Prancis, Italia, Swiss, Jerman, Hungaria, Skandinavia, Inggris, India, Arab, Jepang, dan Cina.

4. Krabi

krabi

Krabi terkenal dengan pemandangan pantai dan pulau yang indah. Pemandangan terumbu karangnya juga merupakan salah satu yang terindah di dunia, yang menjadikan kota ini tempat yang bagus untuk snorkeling.

Saat berada di Krabi, Anda bisa menemukan sumber air panas, suaka margasatwa, gua laut, dan terumbu karang. Anda juga bisa melakukan aktivitas yang menguji adrenalin seperti memanjang tebing kapur.  

5. Chiang Mai

Chiang Mai

Chiang Mai adalah tanah pegunungan berkabut dan suku-suku bukit yang berwarna-warni. Wilayah ini merupakan taman bermain bagi para pelancong berpengalaman dan kesenangan bagi para petualang. Saat berada di Chiang Mai, Anda bisa mencoba kursus pijat dan memasak ala Thailand. Chiang Mai juga memiliki berbagai kerajinan tangan dan barang antik. 

Chiang Mai terletak 700 km di utara Bangkok, terletak di lembah hijau di tepi Sungai Ping. Kota ini didirikan pada 1296 sebagai ibu kota Kerajaan Lanna kuno. Chiang Mai memiliki banyak kuil-kuil kuno yang berdiri beriringan dengan bangunan modern. 

6. Chiang Rai

Chiang Rai
Sumber wikipedia

Chiang Rai adalah provinsi paling utara di Thailand yang dipenuhi dengan suasana pegunungan yang kompleks dan Budaya Lanna yang berharga. Provinsi ini menawarkan banyak wisata budaya yang menarik seperti kuil Wat Rong Khun dan Kuil Mingmuang yang merupakan kuil tertua di Chiang Rai.

Anda juga bisa menemukan Museum bendungan, yang merupakan tempat mengumpulkan karya seni Ajarn Thawan Than Chanee. Bagi yang menyukai alam, Anda juga bisa melihat matahari terbit di atas Sungai Mekong dan lautan kabut di pagi hari di Doi Pha Tang.

7. Pai

Pai
Sumber wikipedia

Pai dikenal Pai sebagai surga hippie di Thailand Utara. Keindahan alamnya yang menakjubkan, suasana santai, dan pilihan makanan sehat membuat wilauaj ini cocok untuk mereka yang mencari ketenangan hidup. Pai adalah kota kecil yang dekat dengan perbatasan Myanmar di Provinsi Mae Hong Son, kira-kira 146km (91mi) barat laut Chiang Mai.

Lokasinya terletak di hutan pegunungan. Kota ini telah lama menjadi tempat populer bagi para backpacker yang mencari tempat wisata bernuansa holistik.

2 Comments
  1. […] Baca juga: Thailand Menjadi Destinasi Terfavorit Usai Perbatasan Dibuka […]

  2. […] Baca juga: Thailand Menjadi Destinasi Terfavorit Usai Perbatasan Dibuka […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.