Berita Nasional Terpercaya

Korlantas Polri Prediksi 47 Persen Pemudik Gunakan Transportasi Darat

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi memprediksi sekitar 47 persen masyarakat bakal menggunakan transportasi darat saat melakukan mudik Lebaran 2022.

Informasi tersebut didapat dari hasil evaluasi dan kondisi lalu lintas pada pihak terkait ketika melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama elemen yang berkaitan.

“Informasi yang kami dapatkan adalah kita akan melayani 85 juta pemudik. Tentunya angka ini bukan angka kecil dan bisa berhasil jika kita semua, masyarakat dan petugas bisa saling mengomunikasikan hal-hal yang bisa dikerjakan sehingga semua bisa terlayani dengan baik,” katanya, Minggu (10/4/2022).

Baca juga: Syarat Mudik Angkutan Umum: Dilarang Ngobrol dan Terima Telpon

Adapun mengenai pengaturan arus lalu lintas di jalur darat selama libur mudik Lebaran 2022, Firman menyebut kini tengah dipersiapkan dengan baik.

Sementara pengumuman soal mudik Lebaran 2022, akan dirilis pada hari ini, Senin (11/4/2022) siang nanti. Pengumuman ini bakal memudahkan masyarakat yang hendak mudik.

Contohnya seperti kapan waktu sebaiknya berangkat mudik, istirahat, dan sebagainya.

“Kami yang ada tugas di jalan tentunya perlu mengatur sedemikian rupa, siapa yang keluar sementara, siapa yang jangan keluar dulu. Ini gunanya untuk semua terlayani,” kata Firman.

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran Tidak Efektif

“Jadi tidak ada kami petugas di lapangan datang untuk menghambat apapun. Perintahnya sudah jelas. Semua cuti dengan baik, semua cuti dengan gembira, perjalanan dengan aman,” lanjutnya.

Sementara itu, Menhub Budi Karya mengapresiasi Kakorlantas Firman dan beberapa instansi terkait. Sebab, pembahasan ihwal mudik lebaran telah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Lebih lanjut, Menhub Budi juga memberikan diskresi kepada Kakorlantas Polri sehingga bisa menetapkan sejumlah hal dalam pelaksanaan mudik. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.