Berita Nasional Terpercaya

10 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara

0

Bernas.id – Lebaran sudah tiba. Biasanya, di setiap momen khusus selalu ada makanan khas. Nah, makanan khas Lebaran di setiap negara pastinya berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, opor ayam, ketupat, dan rendang menjadi makanan khas Lebaran. Selain itu, ada pula kue kering yang selalu menghiasi meja di kala Idulfitri tiba. Lalu bagaimana makanan khas Hari Raya Idulfitri di negara lain?

Makanan khas lebaran 

Setiap negara memiliki ciri khas khusus dalam menyambut lebaran, termasuk dalam hal makanan. Berikut makanan khas Lebaran dari berbagai negara:

1. Tangine

Tangine adalah makanan khas lebaran di Afrika utara yang dimasak dengan proses lamban menggunakan wadah khusus berbentuk kerucut. Hidangan bisa berupa daging domba atau ayam yang dimasak bersama dengan, madu buah kering dan rempah-rempah.

Kombinasi rempah-rempah yang harum, buah dan madu membantu menciptakan keseimbangan rasa manis dan asam yang luar biasa. Penyajian hidangan ini bisanya bersama dengan couscous yang empuk.

2. Kanafeh

Makanan ini juga dikenal dengan sebutan konafa. Hidangan ini adalah makanan khas lebaran dari negara-negara di Timur Tengah. Kanafeh adalah kue yang biasanya disajikan sebagai hidangan penutup. Kue ini terbuat dari adonan pastry yang dipadukan dengan keju putih, seperti keju Nabulsi atau Akkawi. Biasanya, kanafeh disajikan dengan siraman sirup gula harum, biasanya berbentuk kue persegi panjang.

3. Samosa Manis

Samosa manis atau Briouat adalah hidangan lebaran khas Maroko. Hidangan ini terbuat dari adonan pastry yang dibentuk segitiga dan diisi dengan isian manis. Isian bisa berupa buah-buahan seperti pir dan apel atau kacang yang direndam sirup. Sebagai alternatif, adonan pastry dapat digulung menjadi bentuk cerutu (bukan segitiga) dan diisi dengan krim manis, mirip dengan cannoli.

4. Kue kering

Selain di Indonesia, tradisi menyuguhkan kue kering saat lebaran juga ada di Mesir. Namun, kue kering di Mesir biasanya dilengkapi dengan isian kurma lalu ditaburi dengan gula halus. Yah, kalau di Indonesia makanan ini hampir mirip dengan kue putri salju Hidangan ini disebut dengan kahk.

5. Kue Lapis

Kue lapis adalah makanan khas lebaran di kawasan Asia Tenggara. Kue lapis adalah kue kukus yang terbuat dari tepung beras, sagu, santan, telur dan gula. Bentuk kue ini berwarna-warni dengan tekstur seperti jeli atau puding. 

Baca juga: Sejarah Nastar Hingga Jadi Sajian Khas Idul Fitri

6. Nishallo

Hidangan khas lebaran ini berasal dari Uzbekistan. Hidangan ini terbuat dari putih telur dikocok dan dikombinasikan dengan gula dan akar tanaman, biasanya akar licorice. Tekstur hidangan hampir mirip seperti marshmallow. Nishallo biasanya disajikan dengan naan (sejenis roti) sebagai hidangan penutup yang manis.

7. Tusuk sate domba Xinjiang

Tusuk sate domba Xinjian adalah makanan khas musim di Uyghur, Provinsi Xinjiang, China. Provinsi Xinjiang (rumah bagi orang Uyghur) berbatasan dengan Mongolia, Rusia, India dan dan merupakan penghubung di Jalur Sutra antara Asia dan Timur Tengah.

Hal ini membuat masakan Uyghur mendapatkan pengaruh dari tradisi Asia Tengah dan Turki. Makanan ini terbuat dari daging domba sebagai dasar dari banyak hidangan, yang disajikan mirip seperti sate di Indonesia. Daging  dibumbui dengan campuran rempah-rempah seperti jinten, cabai, jahe, ketumbar, dan pala. Hidangan ini dimasak di atas arang.

8. Kobeba

Kobeba adalah hidangan khas lebaran dari daerah Timur Tengah. Hidangan ini terbuat dari daging sapi atau domba yang diiris atau digulung menjadi biola. Bagian tengah bola-bola daging biasanya diisi dengan kacang pinus.

9. Nasi Biryani

Nasi Biryani adalah makanan khas lebaran dari negara Irak. Hidangan ini terbyat dari beras basmati yang dimasak dengan daging. Sebagai penambah rasa, makanan ini juga diolah dengan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, lada hitam, jahe, paprika manis, kapulaga, dan pala.

10. Borek

Borek adalah hidangan lebaran khas Turki. Hidangan ini berupa kue dengan cita rasa gurih yang disajikan dengan keju atau daging lalu digulung sebelum dipanggang. Hidangan biasanya dibentuk serupa daun telinga sebelum dipanggang di dalam oven. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.