Berita Nasional Terpercaya

Ukraina Rencanakan Serangan Balik pada Akhir Mei Sebelum Hari Kemenangan Rusia 9 Mei

8

UKRAINA, BERNAS.ID – Ukraina merencanakan melakukan serangan balik ke Rusia pada akhir Mei atau Juni mendatang karena Rusia akan menyerang habis-habisan sebelum Hari Kemenangan 9 Mei. Hari Kemenangan merupakan momen Peringatan kemenangan Uni Soviet atas Jerman dalam Perang Dunia II.

Penasihat Kepresidenan Ukraina Oleksiy Arestovich menyebut percepatan laju perang itu akan terjadi karena Rusia akan merayakan Hari Kemenangan 9 Mei. Hari itu diketahui sebagai momen untuk memperingati kemenangan Uni Soviet atas Jerman dalam Perang Dunia II.

Arestovich juga merupakan orang yang bertanggung jawab dalam urusan keamanan dan militer di kantor kepresidenan. “Pertempuran yang menentukan atas wilayah Donbas di Ukraina timur diperkirakan akan segera dimulai,” kata Arestovich dilansir dari Nikkei Asia, Minggu (1/5/2022).

Baca Juga Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Idul Fitri Dari Jogja

Arestovich mengatakan,
Ukraina akan membentuk unit serangan karena tank, artileri jarak jauh dan senjata lain mulai tiba di negara Eropa timur itu. Alat utama sistem (Alutsista) itu berasal dari Amerika Serikat dan Eropa pertengahan Mei.

Kemungkinan Rusia akan memobilisasi lebih banyak pasukan untuk menambah momentum agar mampu menekankan invasi menjelang perayaan 9 Mei. Saat ini, militer Ukrainamterus melakukan perlawanan sengit sejak invasi Rusia pada 24 Februari lalu.

Baca Juga Bersiaplah, Pajak Kripto Berlaku Mei, Untuk Jual Maupun Beli

Arestovich mengatakan jika Ukraina melakukan serangan, akan menandai titik balik utama dalam konflik. Ia pun bersikeras Ukraina mampu memenangkan perang.

Para ahli mengatakan akhir dari konflik tersebut tak bisa diprediksi karena serangan Rusia habis-habisan di wilayah Donbas dan di tempat lain diperkirakan akan terjadi. Inggris pun menduga perang akan berlangsung hingga akhir 2023 dan kemungkinan Rusia memenangkan pertempuran itu. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.