Berita Nasional Terpercaya

Rusia Setop 6 Jalur Kereta Api Pemasok Senjata dari Barat

0

RUSIA, BERNAS.ID – Kementerian Pertahanan Rusia menutup 6 jalur kereta api yang dipakai untuk memasok senjata kiriman dari Barat. Selain itu Rusia juga telah menonaktifkan stasiun kereta api dengan cara mengebom pasokan listrik menggunakan serangan udara presisi tinggi dan senjata berbasis laut, Rabu (4/5/2022).

Seperti diberitakan Reuters, Kemenhan Rusia tak menyebutkan secara rinci senjata yang dipasok melalui lintasan kereta api tersebut. Kemenhan Rusia juga telah menargetkan 40 fasilitas dan persenjataan militer Ukraina seperti empat depot amunisi dan senjata-senjata artileri.

Baca Juga Ukraina Rencanakan Serangan Balik Pada Akhir Mei Sebelum Hari Kemenangan Rusia 9 Mei

Namun, sejauh ini, Reuters belum bisa memverifikasi secara independen pernyataan Kemenhan Rusia. Kyiv pun disebut tidak memberikan reaksi secara langsung mengenai hal tersebut.

Saat ini, Ukraina masih berada dalam gempuran Rusia usai mereka melancarkan invasi pada 24 Februari lalu. Hari-hari setelah itu, ledakan dan pertempuran terus terjadi. Perkembangan terbaru, Rusia tengah mengintensifkan serangan di Timur Ukraina. Mereka bahkan disebut akan menggempur besar-besaran negara tetanggannya itu sebelum 9 Mei.

Hal itu diungkap sejumlah pejabat Amerika Serikat yang mengatakan kemungkinan Putin mengumumkan deklarasi itu pada 9 Mei mendatang. Tanggal tersebut bertepatan dengan Hari Kemenangan Rusia yang dirayakan setiap tahun untuk memperingati keberhasilan mereka mengalahkan Jerman saat Perang Dunia II.

Baca Juga Inggris Kirim Ribuan Tentara Ke Eropa Timur Untuk Antisipasi Rusia

Sejak awal invasi, Putin menyebut tindakan Rusia ke Ukraina sebagai ‘operasi militer khusus’. Jika Putin sudah mendeklarasikan secara resmi, maka Moskow bisa mengerahkan kekuasaan penuh sesuai undang-undang.

Di bawah UU itu, Rusia bisa saja mengerahkan pasukan cadangan dan peserta wajib militer. Saat ini, Rusia dilaporkan sangat membutuhkan pasukan tambahan di Ukraina karena perlawanan sengit negara Eropa timur itu. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.