Berita Nasional Terpercaya

Polres Ingatkan Pengendara Waspadai Tanjakan Lima Belas Persen di Dieng

0

WONOSOBO, BERNAS.ID – Hingga hari ketiga Lebaran, sejumlah tempat wisata di tanah air mulai dipadati pengunjung. Termasuk objek wisata Dieng di Jawa Tengah.

Namun, para wisatawan yang akan menuju kawasan Dieng di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, diminta untuk mewaspadai  tanjakan tajam, terutama Tanjakan Lima Belas Persen.

Kasat Lantas Polres Wonosobo AKP Ragil Irawan Rabu (4/5/2022), mengatakan selepas Idul Fitri 1443 Hijriah, kawasan objek wisata Dieng mulai dipadati  wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah.

“Objek wisata Dieng mulai dipadati wisatawan yang didominasi kendaraan asal luar kota sehingga banyak yang tidak paham medan menuju Dieng,” katanya.

Kasat Lantas mengungkapkan, banyak  kendaraan yang tidak kuat menanjak saat melewati Tanjakan Lima Belas Persen. Akhirnya kendaraan terpaksa didorong petugas gabungan Polres Wonosobo dan Dishub Wonosobo.

Baca Juga: Dieng, Destinasi Wisata Gunung Purba Di Wonosobo Yang Tak Lekang Oleh Waktu!

“Kebanyakan kendaraan yang tidak kuat menanjak karena kurang persiapan dan terlambat mengoper ke gigi rendah, selain itu pengendara dari luar kota juga kurang memahami medan yang menanjak dan cenderung padat dengan jalan sempit,” katanya.

Baca Juga: Delapan Korban Kebocoran Gas Di Dieng Masih Dirawat Di RS

Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan berwisata ke kawasan Dieng untuk memastikan kendaraan dalam kondisi baik, matikan AC saat melewati tanjakan,  serta gunakan hand brake atau rem tangan saat berhenti di tanjakan.

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk tidak malu bertanya atau meminta bantuan kepada petugas kepolisian maupun Dishub dan TNI apabila mengalami kendala saat berkendara menuju Dieng.

“Jangan sungkan meminta bantuan petugas apabila mengalami kesulitan saat berkendara menuju Dieng dan jangan lupa pastikan  kendaraan dalam kondisi yang baik sebelum berwisata menuju Dieng,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.