Berita Nasional Terpercaya

Lindungi Brand dan Pelanggan dengan Miliki Domain Lebih dari Satu

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Typo atau kesalahan ketik adalah kesalahan normal manusia. Namun, kesalahan ketik domain suatu website di address bar browser bisa menimbulkan masalah. Hal itu disebabkan karena adanya kejahatan siber yang menargetkan orang-orang yang kerap melakukan typo saat mengetikkan nama website yang ingin mereka kunjungi.

Kejahatan siber yang disebut dengan typosquatting atau website spoofing itu, dikutip dari blog Niagahoster, dilakukan dengan metode membuat situs palsu menggunakan domain yang hanya berbeda satu huruf dari website aslinya. Dalam situs palsu tersebut, pelaku menjiplak keseluruhan tampilan website yang asli.

Hal ini tentu sangat membahayakan karena pelaku melakukannya untuk menyisipkan malware pada perangkat orang yang mengunjungi website palsu tersebut, sehingga pelaku bisa dengan mudah mencuri data-data penting.

Baca juga: Event WebSight Niagahoster 2022 Akan Digelar, Beri Insight Dunia Digital

Pengunjung website pun harus lebih berhati-hati untuk mengurangi typo. Selain itu, pemilik website juga lebih baik meminimalisir kejadian kejahatan siber tersebut dengan memiliki domain yang rawan menjadi sasaran typo para pengunjung atau pelanggan mereka.

Miliki Domain Lebih dari Satu untuk Lindungi Pelanggan

Memilih nama domain yang tepat menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan oleh pemilik bisnis yang mulai go online. Hal yang mungkin jarang terpikirkan adalah pentingnya memiliki domain lebih dari satu.

“Pemilik website bisnis perlu memiliki beberapa domain untuk menghindari error atau masalah lain karena typo pengunjung. Pengunjung atau pelanggan kadang bisa salah dalam mengetikkan sebuah alamat website. Hal ini bisa diatasi dengan membeli domain dengan cadangan lain,” ujar Dani Indra Kusworo, Product Manager Niagahoster, lewat keterangan tertulis.

Baca juga: Niagahoster Bagikan Strategi Tingkatkan Omset Melalui Media Sosial Untuk UMKM

Ia mencontohkan, Google yang memiliki beberapa variasi domain, seperti Googel.com dan Gooogle.com yang akan redirect ke website asli Google.com. Selain itu juga bisa dengan memiliki beberapa domain dengan ekstensi berbeda seperti yang dilakukan Niagahoster yang memiliki niagahoster.com dan niagahoster.id yang akan mengarah ke website asli niagahoster.co.id.

Memiliki lebih dari satu domain juga mengantisipasi adanya peniruan oleh kompetitor. Ketika sebuah bisnis sudah berkembang cukup besar, hal tersebut tentu bisa terjadi. Kompetitor bisa membeli domain serupa website asli dan menimbulkan kebingungan bagi pelanggan, atau justru mengarahkan pelanggan ke bisnis mereka.

Lindungi Brand dan Meningkatkan Performa SEO

Branding amatlah dibutuhkan dalam menjalankan bisnis. Dengan branding yang kuat, bisnis akan lebih mudah diingat oleh pelanggan dan bisnis akan lebih dipercaya. Strategi branding suatu bisnis pun akan terhambat dengan adanya domain website yang meniru website bisnis tersebut.

“Salah satu pentingnya mengamankan domain lebih dari satu adalah untuk melindungi dan memperkuat branding bisnis. Sehingga, bisa mencegah munculnya domain tiruan yang digunakan untuk menipu dan menghalangi strategi branding,” kata Dani.

Dengan memiliki beberapa domain, juga akan berdampak positif dan meningkatkan performa SEO pada domain utama website bisnis. Metode redirect atau memindahkan trafik domain tambahan ke domain utama akan menaikkan ranking website di hasil pencarian Google.

“Performa SEO yang baik akan memudahkan kegiatan promosi dan memperluas jangkauan pasar bagi suatu bisnis,” tutup dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.