Berita Nasional Terpercaya

Penimbunan Minyak Goreng Curah Terdeteksi di Temanggung

0

TEMANGGUNG, BERNAS.ID Penimbunan minyak goreng curah oleh oknum tidak bertanggung jawab sempat terdeteksi di Temanggung. Namun tidak ada tindakan tegas dari pemerintah dan kepolisian atas deteksi penimbunan  minyak goreng curah.

Meski begitu, petugas tetap mengingatkan dan berusaha mencegah terjadi penimbunan minyak goreng curah.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Temanggung, Entargo Yutri Wardono mengatakan, sedari dini petugas telah mengatisipasi terjadi penimbunan minyak goreng curah.

“Dalam pembelian di pedagang besar, pembelian minyak goreng curah harus menunjukkan KTP. Satu warga hanya mendapatkan satu jeriken,” kata dia, Jumat (6/5/2022).

Dia mengatakan prioritas pembelian minyak goreng curah di pedagang besar adalah pelaku UKM dan warga secara umum.

Baca Juga: Minyak Goreng Curah Kini Langka Di DIY, Ini Sebabnya

Ia meneruskan, kenyataannya ada juga yang memanfaatkan warga lain untuk mengantri minyak goreng curah dengan memberi upah tertentu. Mereka bisa tetangga atau orang lain.

“Kami sebisa mungkin mencegah ada penimbunan. Kami mengetahui setelah berada di luar toko dan saat minyak goreng akan diangkut pulang,” ujarnya.

Dia menyampaikan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) selaku perusahaan negara yang diminta mengawal penyediaan minyak goreng curah telah bersedia untuk memberikan stok minyak goreng curah berapapun yang dibutuhkan di Temanggung.

Baca Juga: Ratusan Warga Serbu Bazar Minyak Goreng Curah Di Balaikota Jogja

Sedangkan sejumlah pedagang lakukan pemborongan minyak goreng curah untuk dijual kembali dan sebagian disimpan.

Modus dengan membayar orang dengan upah antara Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu perorang untuk sekali antre tiap jeriken. Sejumlah jeriken migor kemudian diangkut dengan mobil.

Harga minyak goreng curah di Temanggung  berkisar Rp 16.000 – Rp 19.000 per kilogram atau Rp 15.000 – Rp 17.000 per liter.

Sedangkan ketentuan pemerintah harga minyak goreng curah Rp 14 ribu per liter atau Rp 15.500 per kilogram (kg).

Data yang didapat dari Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan, disparitas harga minyak goreng curah terbaru di wilayah Jateng Rp 16.290 per liter.

Sedangkan disparitas harga minyak goreng premium di Jateng mencapai Rp 24.400 per liter. Sementara disparitas harga minyak goreng sederhana Rp 14.400 per liter. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.