Berita Nasional Terpercaya

Jumlah Penumpang Arus Balik di Terminal Giwangan Kian Meningkat

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Penumpang arus balik yang menggunakan jasa bus di Terminal Giwangan semakin meningkat. Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Terminal Giwangan, Bekti Zunanta, dari tanggal 3 sampai 5 Mei 2022, secara berturut-turut jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Giwangan sebanyak 10.480, 11.557 dan 13.341 penumpang. Sedangkan untuk jumlah keberangkatan bus di tanggal yang sama sejumlah 744, 767, dan 790 kali.

Dari sisi kedatangan, jumlahnya juga masih tergolong tinggi. Di tanggal yang sama, ada sejumlah 7.744, 8.125, dan 9.138 penumpang.  Diprediksi puncak arus balik di Terminal Giwangan terjadi pada Minggu (8/5/2022).

“Arus balik sudah mulai meningkat sejak Rabu (4/5/2022), tetapi memang belum begitu padat,” kata Bekti, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: One Gate System Diterapkan Di Kota Jogja, Semua Bus Wajib Masuk Terminal Giwangan

Ia meneruskan, penjualan tiket bus reguler untuk arus balik dari Terminal Giwangan juga sudah habis terjual. Namun untuk tiket bus apabila ada tambahan armada masih tersedia. Hal ini menyesuaikan kebutuhan penumpang. Sejak Rabu (4/5/2022), ada sekitar 15 bus tambahan ke sejumlah daerah tujuan. Operasional bus tambahan dilakukan agar tidak ada penumpang yang terlantar.

Selain penumpang, pengelola Terminal Giwangan juga mulai memberangkatkan sepeda motor yang berasal dari penumpang yang mengikuti mudik gratis.

“Mulai kemarin sudah diserahkan untuk loading ke truk karena akan diberangkatkan hari ini. Ada lima truk yang akan diberangkatkan dengan sekitar 200 sepeda motor,” katanya.

Baca juga: Pemudik Ramai, Terminal Giwangan Mulai Tambah Bus Keberangkatan

Penumpang program mudik gratis akan diberangkatkan ke berbagai daerah tujuan Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (8/5/2022). Ada total sekitar 2.000 penumpang menggunakan 35 bus. Program mudik gratis yang diberangkatkan dari Terminal Giwangan menurut Bekti berasal dari Program Kementerian Perhubungan RI dan Pemerintah DKI Jakarta. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.