Berita Nasional Terpercaya

Pengawasan Prokes Dilakukan Acak di Tempat-tempat Wisata Jogja

2

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemkot Yogyakarta melakukan pengawasan protokol kesehatan secara acak di tempat-tempat wisata. Upaya tersebut guna menjamin keamanan bagi wisatawan maupun pelaku usaha selama libur lebaran tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko menjelaskan, walau laju penambahan COVID-19 harian di Kota Yogyakarta dalam beberapa hari ini tidak ditemukan, namun masyarakat harus tetap waspada.

”Sampai akhir pekan ini kami lakukan pengawasan secara random. Terutama di usaha jasa pariwisata dan sub sektor ekonomi kreatif. Protokol kesehatan harus tetap ditegakkan meski kunjungan meningkat,” jelasnya, Sabtu (7/5/2022).

Baca juga: Begini Persiapan Libur Lebaran Di Kota Jogja Dari Pemerintah Daerah

Salah satu bentuk pengawasan tersebut ialah pengelola destinasi wisata mampu mengawasi jumlah pengunjung yang masuk areanya. Jika kapasitasnya sudah penuh, maka loket harus ditutup sementara guna menghindari penumpukan wisatawan di dalam area wisata. Loket dapat dibuka kembali jika kepadatan wisatawan sudah terurai.

Dengan begitu potensi kerumunan yang besar bisa dihindari. Walau demikian, kawasan wisata terbuka yang tidak terdapat loket khusus memang sulit untuk diawasi. Hal ini karena pengunjung bisa masuk dari berbagai lini dan kepadatan tidak bisa terhindarkan.

Untuk itu pihaknya bersama organisasi perangkat daerah lain akan terus mengimbau wisatawan agar mampu menjaga protokol kesehatan.

”Kami semua ingin menjamin wisatawan dan pelaku usaha tetap aman dan sehat. Sehingga dibutuhkan kerja sama semua pihak agar jangan abaikan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Baca juga: Perpustakaan Kota Jogja Luncurkan Layanan ALEKSA

Di samping itu, petugas dari Dinas Kesehatan juga tetap konsisten melakukan skrining COVID-19 bagi pengunjung Malioboro. Bahkan layanan vaksinasi juga diberikan di kawasan Abu Bakar Ali bagi pengunjung yang belum divaksin.

Wahyu menambahkan, libur lebaran tahun ini menjadi momentum pemulihan pariwisata di Kota Yogyakarta. Tingginya tingkat kunjungan wisatawan diharapkan menjadi berkah bagi pelaku wisata setelah selama dua tahun lebih terjadi pembatasan perjalanan. Akan tetapi pariwisata yang aman dan sehat harus dapat diwujudkan agar lonjakan kasus COVID-19 setelah libur panjang tidak kembali terjadi. (den)

2 Comments
  1. […] Baca juga: Pengawasan Prokes Dilakukan Acak Di Tempat-Tempat Wisata Jogja […]

  2. […] Baca juga: Pengawasan Prokes Dilakukan Acak Di Tempat-Tempat Wisata Jogja […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.