Berita Nasional Terpercaya

Daftar Wisata Tegal Paling Hits dan Wajib Anda Kunjungi

Memiliki banyak pesona yang indah, membuat wisata Tegal semakin berkembang dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

3

BERNAS.ID – Kabupaten Tegal merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah. Memiliki banyak pesona yang indah, membuat wisata Tegal semakin berkembang dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Tidak hanya terkenal dengan nama rumah makan khas, yaitu Warung Tegal alias Warteg saja. Lebih dari itu, Tegal juga mempunyai potensi wisata yang luar biasa dan tidak kalah dari kota lain.

Jika Anda bosan dengan kota wisata yang itu-itu saja, cobalah berkunjung ke Tegal.  Namun sebelumnya, harus mengetahui berbagai tempat wisata yang sedang hits di kabupaten ini.

Baca juga : Sedang Berencana Liburan ke Madiun? Inilah Daftar Wisata Terpopulernya

Wisata Air Panas Guci

Wisata Air Panas Guci
Destinasi paling terkenal di Tegal

Wisata air panas Guci juga terkenal dengan nama Guci Indah. Tempat ini menjadi ikonnya wisata di Kabupaten Tegal.

Berdiri di atas lahan seluas 210 hektar dan terletak di kaki Gunung Slamet. Daya tarik dari wisata Guci ini adalah memiliki air panas yang mengalir langsung dari Gunung Slamet.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, air tersebut dapat menjadi perantara kesembuhan berbagai penyakit kulit dan rematik. Wisata ini memiliki 10 air terjun dan 13 pancuran yang dapat pengunjung nikmati.

Selain memanfaatkan wisata air hangat, pengunjung juga dapat menaiki kuda berkeliling di area wisata tersebut. Tentu terdapat pemandu untuk mengarahkan pengunjung yang ingin menaiki kuda.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Aceh Yang Terbaik

Pantai Purwahamba Indah

Pantai Purwahamba Indah
Pesona Purin dengan air yang jernih

Pantai Purwahamba Indah juga terkenal dengan nama Pantai Purin. Destinasi wisata ini memiliki air dengan warna biru jernih serta ombak yang sedang, sehingga menjadi tempat yang pas untuk bermain air di tepi pantai.

Di tepi pantai, terdapat pohon cemara yang berjajar menghiasi kawasan pantai, sehingga membuat tempat ini terasa sejuk dan nyaman. Anda dapat bersantai di tepi pantai dengan berlindung di sekitar pohon cemara.

Berbagai fasilitas tersedia di tempat wisata ini, khususnya wahana permainan anak, antara lain sepeda air, waterboom, sepeda air, dan kereta mini. Anda dapat mengajak anak-anak tanpa perlu takut mereka akan bosan, karena begitu beragamnya wahana yang dapat dinikmati.

Baca juga : Inilah 5 Destinasi Terpopuler di Jepara

Gerbang Mas Bahari Waterpark

Gerbang Mas Bahari Waterpark
Waterpark dengan berbagai macam kolam yang unik

Gerbang Mas Bahari Waterpark merupakan taman air terbesar di Tegal. Objek wisata ini berada di atas lahan seluas 5 hektar, dan 3,5 hektarnya merupakan arena waterpark.

Pengunjung dapat mencoba dan menikmati beberapa kolam dengan jenis yang berbeda. Kiddy pool untuk anak-anak, wave pool merupakan kolam berombak buatan, river pool sebagai kolam menyerupai sungai dengan arus tenang.

Selanjutnya ada octopus pool untuk wisata keluarga bersama, junior pool sebagai kolam prestasi untuk anak, hingga senior pool sebagai tempat latihan untuk perenang yang sudah profesional.

Tidak hanya kolam, pengunjung juga dapat berolahraga di area wet futsal. Area inilah yang membedakan Gerbang Mas Bahari Waterpark dengan tempat wisata lainnya.

Baca juga : Wisata Lamongan Ini Memiliki Keunikan yang Menarik

Curug Cantel

Curug Cantel
Alam yang asri dengan air terjun di tengahnya

Objek wisata selanjutnya yaitu Curug Cantel. Nama Cantel ini berasal dari Bahasa Jawa yaitu Canthel, artinya diikat.

Menurut kepercayaan masyarakat, apabila ada pasangan yang cuci muka atau berwudhu di curug ini, maka akan berjodoh selamanya. Nah untuk yang masih jomblo, maka mitosnya akan segera bertemu dengan jodohnya.

Untuk menuju tempat wisata, pengunjung perlu berjalan kurang lebih 400 meter. Selama perjalanan, Anda dapat melihat dan menikmati keindahan alam yang hijau.

Sesampainya di lokasi, pandangan akan tertuju pada air terjun dengan ketinggian 60 meter. Air yang mengalir jernih dan segar dapat Anda gunakan untuk bermain dan berendam untuk merefresh badan.

Hunting foto di tengah wisata ini tentu menjadi hal yang mengasyikkan. Ambillah beberapa foto dengan kesegaran yang alami di wisata ini.

Baca juga : Sedang Berwisata ke Rembang? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Ini

Bukit Goa Lawa

Bukit Goa Lawa
Bukit untuk pecinta climbing

Wisata ini sangat recommended bagi para pecinta petualang dan penyuka olahraga climbing. Bernama Goa Lawa, karena memang terdapat lubang kecil di batu besar dan menjadi tempat hidup ratusan kelelawar.

Daya tarik wisata ini yaitu memiliki bebatuan yang bertumpuk dan menjulang tinggi. Wisatawan bisa memilih untuk berada di tumpukan bebatuan yang rendah, atau lebih memilih untuk menaiki bebatuan yang lebih tinggi.

Dari atas tumpukan batu, akan melihat panorama alam yang hijau dan menjadi spot foto indah. Pastikan Anda berpose ria di atas bebatuan ini ya. Namun, memang wisatawan harus lebih hati-hati karena tumpukan batuan yang ada di wisata Goa Lawa cukup curam.

Baca juga : Inilah Wisata Purwokerto Yang Wajib Anda Kunjungi

Bukit Cepu

Bukit Cepu
Menikmati panorama alam dari atas bukit

Sebagai wisata berbentuk bukit, tentu berada di ketinggian. Nah, pada Bukit Cepu, pengunjung perlu menaiki kurang lebih 950 anak tangga agar bisa sampai di puncak bukit.

Meski perlu perjuangan lebih untuk sampai titik puncak, namun rasa lelah akan segera terbayar setelah melihat panorama indah dari bukit. Pengunjung dapat melihat dengan jelas Gunung Slamet dari atas bukit ini.

Keberadaan pohon pinus dan cemara di sekitar bukit membuat udara semakin sejuk dan menyegarkan mata. Terdapat beberapa pohon baru yang tumbuh dan semakin melengkapi keindahan di wisata Bukit Cepu.

Keindahan ini tidak boleh terlewatkan begitu saja, maka berfoto lah sampai Anda merasa puas dengan keindahan latar alam yang sangat menawan.

Baca juga : Ingin Mencoba Wisata Baru dan Hits di Demak? Ini Daftarnya

3 Comments
  1. […] Baca juga : Ingin Berkunjung ke Tegal? Kunjungi Tempat Hits Ini […]

  2. […] Baca juga : Ingin Berkunjung ke Tegal? Kunjungi Tempat Hits Ini […]

  3. […] Baca juga : Ingin Berkunjung ke Tegal? Kunjungi Tempat Populer Ini […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.