Berita Nasional Terpercaya

Banyak Tumpukan Sampah di Kota Jogja, Begini Kata Politisi Partai NasDem

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Sejak hari Sabtu (7/5/2022) TPST Piyungan Bantul berhenti beraktivitas, mengakibatkan tumpukan sampah di sejumlah depo atau tempat pembuangan sampah sementara di Kota Yogyakarta.

Tidak hanya itu, bahkan dibeberapa titik jalan di Kota Yogyakarta pun dijadikan tempat penampungan sampah sementara, seperti di simpang tiga Jalan KS Tubun Yogyakarta, sejak dua hari terakhir ini terlihat tumpukan sampah disana, yang tentu saja membuat tidak sedap dipandang mata.

Baca Juga : Warga Banyakan Melakukan Demo Minta Agar TPST Piyungan Ditutup Permanen

Politisi Partai NasDem, Chang Wendryanto mengatakan, tidak pantas apabila wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta disambut dengan tumpukan sampah.

“Seperti di simpang tiga Jalan KS Tubun Patuk, itu kan berdekatan dengan usaha bakpia yang didatangi oleh wisatawan. Kan nggak pantas kalau wisatawan yang datang disambut, bahkan disuguhkan dengan tontonan sampah yang menumpuk seperti itu,” ujar Chang, Senin (9/5/2022).

Mantan anggota DPRD DIY ini menandaskan, tidak hanya secara estetika, namun dari segi kesehatan pun tumpukan sampah yang ada, tidak baik untuk kesehatan.

“Kita masih dalam pandemi Covid-19 yang belum berakhir, jangan sampai nanti masalah sampah ini menimbulkan permasalahan kesehatan bagi warga Kota Yogyakarta khususnya,” tegasnya.

Bahkan, Chang pun mempertanyakan, permasalahan sampah di Yogyakarta ini yang tidak kunjung selesai.

Baca Juga : TPA Piyungan Ditutup Hari Ini Sampai Minggu

“Masalah sampah ini bukan permasalahan baru ya, ini sudah lama sekali. Jangan sampai permasalahan sampah ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu,” tandas Chang.

“Masa di wilayah seluas DIY ini, tidak ada lahan untuk tempat pembuangan sampah,” imbuhnya.

Dia juga menyarankan, seharusnya di Yogyakarta tersedia fasilitas untuk mendaur ulang sampah, supaya kejadian penumpukan sampah di saat TPST Piyungan tutup bisa teratasi.

“Seharusnya ada tempat atau alat yang bisa mendaur ulang sampah atau apalah yang bisa mengubah fungsi sampah, yang dari tidak berguna menjadi tepat guna. Hal ini supaya kejadian penumpukan sampah ini tidak berulang,” tutupnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.