Berita Nasional Terpercaya

Liburan Kreatif, SDN I Sewon Gelar Lomba Menyanyi Anak TK

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
1

YOGYAKARTA. BERNAS – Cara unik digelar SDN I Sewon, Bantul, Yogyakarta untuk mempromosikan sekolah mereka sekaligus menggugah kreativitas anak-anak TK. Para guru dan Komite Sekolah SD yang terletak di Jalan Parangtritis KM 7 ini menggelar Lomba Nyanyi untuk anak-anak TK se-Kapanewon Sewon. Uniknya, lomba digelar secara online, jadi para penyanyi cilik cukup merekam kemampuan tarik suara mereka dalam video lalu mengunggahnya ke akun Youtube yang disiapkan panitia.

Terbukti, lomba yang dihelat untuk memperingati Hari Kartini ini mampu menyedot antusiasme para calon penyanyi cilik. Dalam waktu beberapa hari saja panitia menerima 46 video peserta. Anak-anak menggemaskan itu menyanyi aneka lagu yang ditentukan panitia dengan dengan direkam orangtua mereka. Salahsatu lagu wajibnya adalah tembang Ibu Kita Kartini.

Ketua Panitia Lomba Dra Sri Yuliati mengungkapkan, lomba ini digelar untuk beberapa tujuan sekaligus. Pertama, menciptakan kegiatan kreatif anak-anak TK di masa pembatasan tatap muka akibat Pandemi selama ini. “ Pandemi membuat anak-anak menghabiskan sebagian waktu di rumah akibat pembatasan tatap muka. Lomba ini kami gelar untuk membantu anak-anak tetap kreatif meski di rumah,” katanya.

Kedua, lomba dilakukan untuk menggugah pemahaman anak-anak mengenai sosok pahlawan RA Kartini sejak dini. “ Mereka memang belum memahami syair lagu RA Kartini sekarang. Tapi seiring waktu belajar, mereka akan paham pentingnya peran RA Kartini bagi kemajuan kaum perempuan di Indonesia,” ujar Ketua Panitia.

Lomba ini menunjuk tiga juri yakni Maria Octavia Rosiana Dewi, S.Sn, M.A, Drs Agus Prasetiya, M.Sn dan Justitias Jellita Zulkarnain, M. Sn. Ketiganya adalah pengajar seni di Kampus Institut Seni Indonesia yang berkampus di Sewon.

Dalam sambutannya Maria Octavia mengatakan, tak mudah menilai kualitas menyanyi anak-anak pada usia lima tahunan. “ Soalnya karakter warna suara mereka hampir sama. Karena lomba ini dilakukan secara daring maka kami lebih mementingkan kualitas bernyanyi mereka seperti penguasaan nada, ritme dan sebagainya. Lomba ini sangat kreatif,” katanya.

Tanggal 10 Mei 2022 kemarin, pengumuman lomba dilakukan di SDN I Sewon. Dari 46 peserta lomba, terpilih tujuh calon penyanyi dengan kemampuan suara terbaik. Juara I adalah Aufadan Azka A, Juara II diraih Lintang Madu Kinasih, Juara 3 disabet Mikaila Jannati Ahmad.

Juara Harapan 1 didapatkan Gendhis Azkadia Ramadani, Juara 2 Arimbi Khairunissa P, Juara Harapan 3 adalah Evelyn Samantha Diarnindra dan Juara Harapan 4 jatuh pada Athaya Rafa Aqila. Para juara mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan bernilai total Rp. 2 juta. Penyerahan hadiah digelar meriah di SDN 1 Sewon.

Kepala Sekolah SDN 1 Sewon Siti Lestari, S.Pd. SD menyatakan, ini adalah kegiatan rutin yang digelar SDN Sewon dari tahun ke tahun. “ Kami rutin menggelar lomba seperti ini namun dengan menu lomba yang berbeda. Tahun ini kami menggelar Lomba Menyanyi. Kami anak-anak tetap memiliki ruang kreatif meskipun aktivitas sekolahnya masih terbatas karena Pandemi. Juga untuk memperingati Hari Kartini,” ujar Situ Lestari.

Uniknya, seluruh panitia acara lomba ini adalah kaum ibu dari murid-murid di SD ini. Jadilah acara penyerahan hadiah yang digelar secara offline meriah oleh teriakan anak-anak TK sekaligus celoteh para ibu yang penuh gembira anaknya menjadi juara.(adji)

1 Comment
  1. Isti says

    Bravo!!!

Leave A Reply

Your email address will not be published.