Berita Nasional Terpercaya

Daftar Wisata Balikpapan yang Paling Asyik

Kabupaten ini mempunyai banyak pesona wisata Balikpapan yang sangat menakjubkan.

1

BERNAS.ID – Balikpapan merupakan kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. Kabupaten ini mempunyai banyak pesona wisata Balikpapan yang sangat menakjubkan dan menjadi surga tersembunyi.

Kabupaten ini awalnya berupa kampung nelayan di pinggir pantai. Kemudian setelah adanya pengeboran minyak di wilayah tersebut, kampung nelayan kini resmi menjadi sebuah kota yang terkenal dengan nama Balikpapan.

Perkembangan kabupaten semakin membaik, dari waktu ke waktu. Dilihat dari berbagai sudut kemajuan, hingga tergalinya potensi wisata Balikpapan yang indah.

Destinasi wisata kini siap menampung para pelancong dari seluruh penjuru negeri yang ingin berwisata. Buat Anda yang masih bingung tempat yang asyik untuk liburan, kali ini bernas.id merangkumnya untuk Anda.

Baca juga : Ingin Berkunjung ke Padang? Wisata Ini Tidak Boleh Dilewatkan

Pantai Melawai

Pantai Melawai
Bersantai di dekat kota dengan view pantai

Lokasi Pantai Melawai dekat dengan Pelabuhan Semayang Balikpapan. Dengan lokasi yang strategis, membuat wisata ini sering menjadi tongkrongan para muda mudi yang ingin bersantai.

Merupakan objek wisata yang paling terkenal di Balikpapan dan memiliki ciri khas. Pantai ini memiliki pemandangan yang berbeda jika melihat dari dua sisi.

Jika melihat ke arah pantai, pengunjung dapat menikmati pemandangan laut dan sejumlah kapal dengan berbagai fungsi serta ukuran. Ada perahu nelayan, kapal tongkang, dan berbagai kapal tanker.

Apabila pengunjung melihat ke arah daratan, akan melihat suasana lalu lintas kota dengan berbagai gedung yang berdiri di sekelilingnya. Gedung di dekat pantai pun berfungsi dengan baik dan berada di daerah kota.

Meski berada dekat dengan kota, pantai ini tetap bisa menjadi tempat untuk menikmati sunset yang eksotis. Kunjungilah pantai pada sore dan malam hari untuk mendapatkan view yang lebih menarik.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Aceh Yang Terbaik

Pantai Kemala

Pantai Kemala
Menikmati keindahan alam dari Balikpapan

Destinasi wisata ini merupakan pantai yang memiliki pasir berwarna putih dan air laut yang bisa Anda rasakan kesegarannya.

Wisatawan bisa bermain air di pantai sepuasnya dan jika lapar dapat berwisata kuliner di warung-warung yang menyediakan jajanan.

Fasilitas wisata pun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung. Wisatawan dapat menyewa naik kapal mesin untuk beberapa putaran menyusuri pantai ini. Kapal tersebut bisa disewa dengan sopir maupun tidak.

Selain itu, pengunjung juga bisa sekedar bersantai di tepi pantai, atau dapat mencoba wahana yang memacu adrenalin. Tersedia wahana berupa banana boat dan flying fox yang dapat Anda coba.

Baca juga : Wisata Batam Hits Ini Wajib Anda Kunjungi

Caribbean Island Waterpark

Caribbean Island Waterpark
Berbagai wahana seru di taman air

Taman wisata air ini tidak sama dengan waterpark lainnya. Memiliki konsep yang unik, yaitu bertemakan kepulauan Karibia.

Konsep tersebut sangat jelas dan terasa, karena berbagai wahana, bangunan, dan ornamen di wisata ini dibuat mirip dan seolah berada di Pulau Karibia. Tentu ini menjadi destinasi wisata yang pas untuk berkunjung bersama keluarga.

Tema yang menarik didukung dengan berbagai jenis ukuran kolam. Terdapat kolam untuk balita, anak, kolam permainan bola air, hingga dewasa. Jadi, pastikan tidak salah masuk kolam ya.

Wahana yang dapat dicoba mulai dari bermain di Carribean Castel berupa wahana perosotan spiral. Lalu ada Spillet Bucket, di mana merupakan atraksi ember tumpah setinggi 12 meter yang ada di antara dua menara Carribean Castle.

Dengan ketinggian tersebut, memberikan efek dan sensasi yang lebih teras daripada ember dengan ketinggian rendah. Dan masih banyak wahana menarik yang harus dicoba.

Baca juga :  Sedang Singgah di Kota Pelajar Yogyakarta? Ini Dia Destinasi Wisata Unggulannya

Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip
Melihat ribuan ekor buaya dalam satu area

Salah satu objek ekowisata di Balikpapan adalah Penangkaran Buaya Teritip. Berdiri di atas lahan seluas 5 hektar dan mempunyai koleksi buaya sekitar 3.000 an.

Berbagai jenis buaya tersedia di penangkaran, yaitu buaya muara, buaya supit, dan buaya air tawar. Uniknya, buaya air tawar dan buaya sumpit termasuk kategori buaya langka, lho!

Pengunjung dapat melihat berbagai jenis buaya dan terdapat di berbagai kandang yang berbeda. Terdapat pemandu wisata yang siap melayani dan memberi informasi kepada pengunjung tentang berbagai hal mengenai buaya. Untuk itu, jangan sungkan untuk menggali informasi kepada tour guide ya.

Anda dapat mencoba untuk memberi makan berupa ayam, kepada buaya yang ada. Namun ingat, buaya merupakan hewan ganas sehingga harus waspada saat memberi makan.

Agar wisatawan tidak bosan, pengelola telah menyediakan wisata satwa lain yaitu menaiki gajah Lampung. Nantinya, pengunjung dapat menunggah gajah sambil berkeliling kompleks penangkaran.

Baca juga : Inilah Tempat Wisata Makassar Paling Recommended

Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai
Bukit yang masih rindang dan asri

Tempat wisata Balikpapan yang indah selanjutnya adalah Bukit Bangkirai. Meski terletak cukup jauh dari pusat kota, namun wisata ini patut untuk dikunjungi.

Merupakan kawasan wisata alam yang menawarkan pesona hutan hujan tropis. Terdapat kurang lebih 2.800 flora dan fauna yang tersebar dalam tanah seluas 1.500 hektar.

Aktivitas yang dapat pengunjung lakukan yaitu uji keberanian berjalan di atas Canopy Bridge. Wahana ini berupa jembatan yang menghubungkan lima pohon bingkarai dan berada di ketinggian 30 meter.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang benar-benar rindang dan asri sekaligus mencoba berbagai fasilitas. Terdapat restoran yang siap menyajikan berbagai menu.

Kemudian terdapat cottage, jungle cabin, dan kolam renang sebagai pelengkapnya. Dengan berbagai fasilitas yang ada, kunjungilah wisata ini saat Anda berkunjung ke Balikpapan.

Baca juga : Ini Daftar Wisata Pontianak Yang Menarik dan Hits Abis

1 Comment
  1. […] Baca juga : Yuk Berkunjung Ke Wisata Balikpapan yang Indah Ini […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.