Berita Nasional Terpercaya

Ruhut Sitompul Dilaporkan Karena Unggah Foto Anies Berpakaian Adat Papua

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Ruhut Sitompul dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan rasialisme, Rabu (11/5/2022).

Ruhut dilaporkan oleh Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan. Pelapor mempermasalahkan langkah Ruhut mengunggah meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengenakan baju adat suku Dani, Papua.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan pelaporan tersebut.

“Iya, benar ada laporannya di kami. Pelapornya (mewakili) pemuda Papua,” ujar Zulpan , Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Nasdem Undang Anies Di Acara Pembukaan Kongres, Jokowi Enggak

Menurut Zulpan, laporan tersebut telah teregistrasi dengan Nomor LP / B / 2299 / SPKT / Polda Metro Jaya, tertanggal 11 Mei 2022, dan tengah dipelajari oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Ruhut dilaporkan atas pelanggaran Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) Undang-Undang (UU) RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik (ITE).

Zulpan pun memastikan pihaknya akan menindaklanjuti laporan tersebut.

“Setiap laporan pasti kami pelajari telebih dahulu,” jelas Zulpan.

Ruhut mengunggah gambar Anies mengenakan pakaian adat suku Dani melalui akun Twitter pribadinya @ruhutsitompul pada Rabu (11/5/2022) sekitar pukul 14.42 WIB.

Baca juga: Ruhut Sitompul: Kalau Aku Dipecat, Ada Rencana Tuhan Yang Lebih Baik

Menanggapi pelaporan terhadap dirinya, Ruhut pun mengaku tidak bermaksud menghina atau berbuat rasis saat mengunggah meme Anies berpakaian adat Papua.

“Memang salah dia pakai pakaian Papua? Kan tidak. Kan bagus kata-kataku. Tidak ada yang menghina disitu,” kata Ruhut.

Ia menjelaskan, gambar Anies berpakaian baju adat Papua itu bukan dibuat olehnya sendiri.

Ia mendapat kiriman foto itu dari salah satu followernya dan tak mengetahui apakah itu foto asli atau editan. Ia lalu memutuskan mengunggah foto Anies itu karena menilainya sebagai sebuah foto yang menarik.

Menurut Ruhut melalui foto itu, Anies berupaya dicitrakan dekat dengan semua kalangan masyarakat, termasuk warga Papua.

“Enggak ada penghinaan, maksud aku baik dong, ngasih semangat (kepada Anies) malah,” kata mantan politisi Partai Demokrat ini.

Ruhut meyakini munculnya foto itu tak terlepas dari keinginan dan upaya Anies untuk mencalonkan diri di Pilpres 2024 mendatang.

Meski memastikan tak akan mendukung Anies di Pilpres nanti, namun Ruhut memaklumi upaya Anies berupaya merangkul seluruh warga.

“Dia mungkin nanti mau keliling kan balihonya sudah ada di semua provinsi. Kata orang betawi, namanya usaha, biar aja dia usaha karena aku tau dia pasti kalah,” kata Ruhut. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.