Berita Nasional Terpercaya

Berikut 5 Wisata Pacitan yang Paling Disukai Wisatawan

Wisata Pacitan sudah terkenal dengan banyaknya wisata yang indah dan alami.

1

BERNAS.ID – Secara geografis, Kabupaten Pacitan terletak di ujung Barat Daya Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Wisata Pacitan sudah terkenal dengan banyaknya wisata yang indah dan alami.

Atas hal tersebut, sudah banyak pengunjung yang mendatangi beberapa objek wisata Pacitan. Memiliki julukan Kota 1001 Gua, karena mempunyai banyak wisata goa. Bahkan, di Pacitan terdapat salah satu goa terindah di Asia Tenggara.

Banyak pantai yang ada di Pacitan dengan suguhan keunikan dan khasnya masing-masing. Dan masih ada banyak sekali wisata Pacitan berupa bentangan alam dan beberapa wisata unik lainnya.

Untuk memudahkan Anda mengunjungi tempat terindah dan hits di Pacitan, bernas.id telah merangkumnya untuk Anda.

Baca juga : Yuk Berkunjung Ke Wisata Balikpapan yang Indah Ini

Pantai Klayar

Pantai Klayar
Pesona jernih dan alaminya pantai

Wisata pantai yang sedang populer di kalangan wisatawan adalah Pantai Klayar. Berlokasi di Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Saat berkunjung ke pantai, wisatawan dapat menikmati kesegaran udara khas pantai yang membuat Anda tidak ingin pulang. Angin berhembus dengan cukup kuat dan menyegarkan para pengunjung.

Bertambah lagi dengan desiran ombak yang jernih dan berlomba-lomba menuju bibir pantai. Di tepi pantai, disambut dengan adanya hamparan pasir putih yang luas.

Hal yang membedakan Pantai Klayar dengan pantai lainnya yaitu mempunyai batu-batu karang yang unik. Pengunjung dapat menaiki bukit karang tersebut dan melihat panorama Klayar yang mempesona dari atas gardu pandang.

Lebih menariknya, terdapat Seruling Laut yaitu sebagai batu karang besar yang mempunyai celah. Dinamakan seruling, karena setiap ada ombak besar datang, maka air akan menyembur keluar dan terdengar bunyi seperti siul di seruling.

Baca juga : Wisata Budaya dan Alam Solo Ini Wajib Anda Kunjungi

Goa Gong

Goa Gong
Wisata goa yang menarik dan terindah se Asia Tenggara

Salah satu ikon wisata Pacitan adalah Goa Gong. Memiliki kedalaman hingga 700-800 meter. Di dalam goa terdapat 7 ruangan besar.

Goa ini menjadi yang tercantik se Asia Tenggara. Tidak heran, karena memang pesona di dalam goa sangat indah. Pengunjung akan terkagum dengan indahnya goa, ditambah lagi dengan penerangan lampu warna-warni yang menyinari stalagtit.

Sesekali terdapat suara tetesan air yang terjatuh dan menimbulkan suara layaknya gong. Atas hal tersebut, wisata ini diberi nama Goa Gong.

Untuk masuk ke dalam goa, pengunjung harus melakukan perjalanan yang cukup panjang terlebih dahulu. Namun, dengan suguhan keindahan alam di sekelilingnya, tidak akan membuat kelelahan saat berjalan.

Bahkan, beberapa titik di perjalanan dapat menjadi spot foto yang keren. Fasilitas penunjang wisata pun lengkap, dari tempat bersantai hingga beberapa toko souvenir dan jajanan.

Baca juga : Kunjungi Wisata Jakarta Ini, yang Akan Melengkapi Liburan Keluarga Anda

Sungai Maron

Sungai Maron
Menyusuri sungai sambil hunting foto keren

Sungai Maron bukanlah sungai biasa. Beberapa orang menyebutkan, mirip dengan Sungai Amazon. Nah, ini bisa menjadi alternatif untuk menikmati sungai lokal rasa internasional.

Aliran air sungai berwarna hijau kebiruan yang merupakan pantulan cahaya dari rimbunnya pohon di sekelilingnya. Sungai ini masih memiliki banyak jenis pepohonan di kanan-kirinya.

Pengunjung dapat mencoba menikmati wahana seru berupa susur sungai. Mengarungi sungai sepanjang 4,5 km dalam waktu kurang lebih 45 menit.

Di beberapa titik, Anda dapat mengambil foto yang indah dari atas perahu maupun di spot foto yang telah disediakan oleh pengelola. Dengan background sungai yang menawan, tentu aktivitas hunting foto menjadi menyenangkan.

Wisatawan dapat bermain air sungai dan berenang di dalamnya. Arus sungai cukup tenang, jadi aman untuk berkegiatan tersebut. Namun harus tetap waspada ya, karena Maron memiliki kedalaman 20 meter.

Buat yang hobi memancing, salurkanlah hobi Anda di wisata ini. Berbagai jenis ikan seperti sidat, nila, dan bawal berkumpul dan dapat Anda pancing dari tepian sungai.

Baca juga : Wisata Lamongan Ini Memiliki Keunikan yang Menarik

Pantai Buyutan

Pantai Buyutan
Bersantai di halusnya pasir Pantai Buyutan

Wisata Pacitan berupa pantai memiliki keindahan yang sangat khas dan berbeda dari kawasan wisata lainnya. Buyutan sendiri memiliki ciri khas berupa karang-karang yang unik dan membentuk mahkota Dewa Narada.

Area pantai memiliki air yang sangat jernih sehingga beberapa karang dapat terlihat. Ombak di pantai ini pun cukup besar, sehingga pengunjung harus hati-hati saat bermain di bibir pantai.

Pasir pantai berwarna putih sangat lembut, sehingga nyaman untuk tempat bersantai di tepian pantai. Anda dapat berjemur sambil menikmati keindahan ciptaan Tuhan.

Aktivitas menarik yang bisa pengunjung lakukan adalah diving dan snorkeling. Atau lebih memilih untuk berjalan-jalan di tepi pantai dan menikmati sunset saat senja tiba.

Baca juga : Inilah 5 Destinasi Terpopuler di Jepara

Goa Tabuhan

Goa Tabuhan
Tempat wisata yang terkesan mistis

Destinasi Goa Tabuhan merupakan salah satu unggulan wisata Pacitan, seperti halnya Goa Gong. Jarak dari kedua goa tersebut kurang lebih sekitar 1 km.

Diberi nama Tabuhan karena di sekitar kawasan sayup-sayup terdengar suara tabuhan gamelan yang misterius. Suara tersebut berasal dari stalagtit dan stalagmit yang dipukul dengan irama tertentu sehingga menghasilkan suara gamelan.

Goa berbentuk horizontal dan memiliki keindahan yang cantik. Untuk itu, pas sebagai tempat berburu foto dengan latar belakang goa yang indah.

Wisata ini dulunya sempat menjadi tempat bertapa dan petilasan Pangeran Diponegoro. Untuk itulah, setiap berkunjung ke sini akan merasakan suasana spiritual yang kental.

Baca juga : Ini Destinasi Wisata Madiun Yang Paling Populer

1 Comment
  1. […] Baca juga : Yuk, Intip Wisata Pacitan yang Indah dan Memesona Ini […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.