Berita Nasional Terpercaya

Kemendag Bantah Daging Sapi Impor Penyebab Penyebaran PMK

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Kementerian Perdagangan (Kemendag) membantah tudingan serikat petani yang menuding penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ke hewan ternak Indonesia berasal dari impor daging sapi.

Plt Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono mengatakan, impor daging sapi yang dilakukan pemerintah berasal dari negara dan zona bebas PMK. “Pengawasan impor daging dilakukan sudah sangat ketat mulai dari unit usaha di negara supplier sampai dengan masuknya ke wilayah pabean Indonesia,” tuturnya, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga Pemda DIY Diminta Bertanggung Jawab Kelola Sampah Secara Profesional

Veri mengatakan, impor akan terus dilakukan Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan daging konsumsi dan industri dengan meningkatkan pengawasan serta keamanannya. Ia mengaku saat ini Kemendag telah berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait permasalahan PKM.

“Terkait dengan PMK kemendag telah berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian dan Kementerian/Lembaga terkait lainnya,” tuturnya.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Sebelumnya, Serikat Petani Indonesia (SPI) menuding PMK yang marak menyerang hewan ternak di beberapa daerah di Indonesia belakangan ini berasal dari impor daging sapi yang meningkat beberapa waktu terakhir.

Ketua Umum SPI Henry Saragih mengatakan, Indonesia sebenarnya sudah bebas PMK sejak tahun 90-an. Namun, virus ini kembali muncul seiring dengan meningkatnya impor daging sapi. “Virus PMK ini muncul diduga karena impor daging, sapi, dan ternak lainnya dari luar yang meningkat dari negara-negara yang masih ada zonasinya wabah PMK,” tuturnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.