Berita Nasional Terpercaya

AS Tuding Rusia Menculik Ribuan Warga Ukraina

0

AS, BERNAS.ID – Amerika Serikat (AS) menuding Rusia menculik ribuan warga Ukraina selama Perang terjadi. AS menuduh ribuan warga yang diculik diproses di kamp filtrasi.

Pernyataan itu disampaikan Duta Besar AS untuk Organisasi Keamanan dan Kerja Sama Eropa (OSCE) Michael Carpenter. “Pasukan Rusia telah mengirim setidaknya beberapa ribu warga Ukraina untuk diproses di pusat filtrasi dan mengevakuasi setidaknya puluhan ribu lainnya ke Rusia atau wilayah yang dikuasai Rusia,” tutur Michael Carpenter seperti diberitakan CNN, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Lanjut tambahnya, banyak saksi mata yang mengatakan aktivitas ‘menyaring’ itu termasuk pemukulan dan penyiksaan terhadap individu. “Untuk mengetahui apakah mereka terlibat dengan pemerintah Ukraina,” ujarnya.

Carpenter menuturkan, ribuan warga yang diculik ini berasal dari Mariupol, kota pelabuhan yang kini dikuasai Rusia. Ia mengatakan bahwa banyak masyarakat yang diculik takut mereka dibawa ke Donetsk.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

“Jika seseorang dituduh merupakan bagian dari ‘Nazi Ukraina,’ orang itu bakal dibawa ke Donetsk untuk investigasi lanjutan atau pembunuhan,” kata Carpenter.

AFP memberitakan Pemerintah Ukraina mengestimasi hampir 1,2 juta orang telah dideportasi ke Rusia atau wilayah yang dikendalikan Rusia. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.