Berita Nasional Terpercaya

Anggaran Pemilu 2024 Disepakati Sebesar Rp76 Triliun

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Rapat konsinyering Komisi II DPR RI, Pemerintah, dan KPU (Komisi Pemilihan Umum) menyepakati anggaran pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 sebesar Rp76 triliun. Rapat konsinyering dilakukan sejak hari Jumat tanggal 13 Mei 2022.

Anggota Komisi II DPR RI Rifqi Karsayuda mengatakan, telah ada kesepakatan terkait biaya pemilu dalam rapat konsinyering. “Soal anggaran pemilu tahun 2024 yang insya Allah dapat dipersetujui sebesar Rp76 triliun,” tuturnya, Sabtu (14/5/2022).

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Lanjut tambahnya, anggaran itu dialokasikan dalam anggaran penerimaan dan belanja negara (APBN) 2022-2024. Anggaran akan dicairkan secara bertahap.

Namun, Rifqi menyebut keputusan itu masih bersifat informal. Keputusan resmi akan diambil pada rapat dengar pendapat (RDP). “Nanti keputusan resminya akan diambil melalui rapat dengar pendapat. Konsinyering lebih kepada mekanisme secara semiformal dilakukan agar semua pihak yang selama ini mengalami kebuntuan bisa menemukan titik temu,” ujarnya.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Sebelumnya, pemerintah dan DPR RI mengajukan keberatan atas anggaran Pemilu 2024 yang diajukan KPU. Awalnya, KPU mengajukan anggaran Rp86 triliun. KPU pun mengajukan permohonan anggaran senilai Rp76 triliun dengan memangkas sejumlah mata anggaran. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.