Berita Nasional Terpercaya

Ini Dia Tempat Wisata Kebumen Yang Terindah

Wisata Kebumen menjadi salah satu bukti kekayaan alam Indonesia.

1

BERNAS.ID – Indonesia kaya akan berbagai hal, terlebih di bidang wisata. Wisata Kebumen menjadi salah satu bukti kekayaan alam Indonesia.

Kota ini berada di Provinsi Jawa Tengah dan cukup mudah aksesnya dari berbagai kota lainnya. Jika Anda berangkat dari Jogja, perjalanan menghabiskan waktu kurang lebih dua hingga tiga jam.

Di Kebumen, banyak potensi wisata yang ditawarkan. Kebanyakan didominasi oleh pantai. Namun, terdapat berbagai wisata lain yang siap menjadi tujuan berlibur Anda dan kawan-kawan.

Dengan keindahan alam dan pengelolaan yang baik, wisata Kebumen harus menjadi tujuan berwisata dan menikmati akhir pekan.

Baca juga : Inilah Pesona Batu Jatim Yang Menawan

Pantai Menganti

Pantai Menganti
Wisata paling terkenal di Kebumen

Pantai Menganti merupakan salah satu wisata Kebumen yang paling terkenal di kalangan para wisatawan. Memiliki pemandangan yang tidak ada duanya, membuat semakin banyak orang ingin mengunjungi tempat ini.

Pemandangan pantai berupa laut yang jernih dan berpadu dengan perbukitan di sekitarnya. Menganti menjadi tempat yang pas untuk berburu foto dengan latar pantai.

Wisatawan dapat menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan sambil melakukan berbagai aktivitas. Terdapat spot foto populer berupa jembatan merah yang bisa menjadi alternatif pengambilan gambar.

Lalu terdapat spot sepeda gantung dan balon udara, yang tentu memberikan sensasi seru dan menantang saat berkunjung ke pantai.

Pengunjung dapat melakukan olahraga renang di pantai, namun lebih baik di bibir pantai saja karena memiliki ombak yang cukup kuat.

Baca juga : Daftar Wisata Batang Terfavorit

Pantai Surumanis

Pantai Surumanis
Tanah Lot yang ada di Kebumen

Objek wisata pantai selanjutnya beralamat di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Untuk menuju tempat wisata, perlu melewati jalur bukit yang terjal.

Pantai Surumanis juga dikenal sebagai Tanah Lot-nya Kebumen. Hal ini karena memiliki pasir berwarna coklat kehitaman.

Keunikan pantai ini yang membedakan dengan pantai lainnya yaitu memiliki pemandangan berupa batu karang yang indah di sekelilingnya. Pemandangan seindah ini tidak akan terlewatkan begitu saja, maka ambillah beberapa foto saat berkunjung ke tempat ini.

Selain keindahan batu karang, wisata ini juga menawarkan deburan ombak pantai yang menenangkan dan menghilangkan beban pikiran. Destinasi ini masih belum terjamak oleh banyak orang karena aksesnya yang cukup sulit.

Baca juga : Sudah Tahu Belum Apa  Saja Wisata Temanggung Terbaru? Cek di Sini Yuk

Curug Silancur

Curug Silancur
Air jernih menuruni batu besar di bawahnya

Wisata air terjun di Kebumen yang indah adalah Silancur. Curug ini berada di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Karangsambung.

Tempat ini belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan, karena letaknya yang tersembunyi dan butuh perjuangan lebih untuk mencapainya. Pas untuk para pecinta tantangan yang selalu penasaran dengan hal berbau alam.

Ketinggian air mencapai 25 meter. Air langsung menuruni di batuan purba sehingga tidak membentuk kolam, seperti pada curug biasanya.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke air terjun ini adalah saat terik matahari sedang memancarkan sinarnya. Karena akan memantulkan cahaya pada percikan air dan terlihat seperti warna pelangi.

Suasana alam di sekitar wisata masih sangat asri dan dikelilingi oleh perkebunan hijau dan menyegarkan.

Baca juga : Anda Sedang di Kudus? Cobalah Jelajahi Wisata Terbaru dan Hits Ini

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar
Goa yang menyimpan banyak keindahan di dalamnya

Objek wisata berupa Goa Jatijajar berada di Palamarta, Jatijajar, Ayah, Kabupaten Kebumen. Goa ini memiliki ciri khas terdapat patung dinosaurus di depannya yang mengeluarkan air.

Air tersebut digunakan para pengunjung untuk bermain air, serta fungsi utamanya sebagai saluran irigasi. Biasanya spot dinosaurus ini menjadi spot foto yang unik.

Ketika memasuki goa, pengunjung akan melihat keindahan stalagtit dan stalagmit dari goa tersebut. Di dalamnya juga ada sungai yang mengalir di bawah tanah, yang menjadi daya tarik wisata.

Baca juga : Ingin Wisata ke Jepara? Catat, Ini Destinasi Terbaiknya

Bukit Hood

Bukit Hood
Melihat hamparan laut dari atas bukit

Tempat wisata ini biasa terkenal dengan nama Bukit Hood, Hud, atau Uhud. Beralamat di Buayan, Karangtengah, Kebumen. Lokasi cukup strategis dan mudah dijangkau.

Wisata ini menawarkan keindahan pemandangan pesisir selatan Pulau Jawa dari ketinggian 150 mdpl. Dari bukit, pengunjung dapat melihat luasnya Samudera Hindia yang terbentang luas.

Bahkan, tidak ada batu karang yang menghalangi ombak untuk menuju pantai. Keindahan alam ini perlu diabadikan dalam kamera setiap pengunjung.

Waktu terbaik mendatangi wisata ini yaitu menjelang matahari terbit, agar dapat menikmati panorama sunrise yang menawan. Dan kemudian saat matahari sudah menyinari dengan sempurna, muncullah pemandangan eksotis tersebut.

Baca juga : Inilah Wisata Demak Dengan Destinasi Religi dan Wisata Alam Yang Indah

Hutan Mangrove Logending

Hutan Mangrove Logending
Berkunjung ke Hutan Mangrovenya Kebumen

Wisata ini berada di Jetis, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pengunjung dapat mendatangi tempat ini kapan saja dan menggunakan kendaraan pribadi, karena akses jalannya yang mudah.

Wisata Hutan Mangrove Logending menyuguhkan pemandangan hutan mangrove alami berwarna hijau yang akan menyegarkan mata para pengunjung. Sekeliling hutan terdapat perbukitan Karst Gombong Selatan.

Untuk memberikan pemandangan yang lebih jelas dan indah, Anda dapat menikmatinya dari gardu pandang yang menjadi fasilitas di wisata ini. Keindahan akan semakin terlukis ketika kawanan burung berterbangan di atasnya.

Fasilitas penunjang kebutuhan wisatawan sudah tersedia dengan lengkap. Mulai dari area parkir yang luas, toilet, tempat ibadah, gazebo, beberapa spot foto menarik, hingga berbagai wahana permainan.

Bahkan, di sini juga terdapat warung makan seafood yang dapat memenuhi kebutuhan perut para pengunjungnya.

Baca juga : Ingin Berkunjung ke Tegal? Kunjungi Tempat Hits Ini

1 Comment
  1. […] Baca juga : Yuk Berwisata ke Kebumen Dengan Destinasi Yang Indah Ini […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.