Berita Nasional Terpercaya

Kim Jong-un Perintahkan Militer untuk Suplai Obat Covid-19

0

PYONGYANG, BERNAS.ID – Korea Utara memerintah pihak militer untuk menyelesaikan masalah suplai obat Covid-19 di Pyongyang. Sebab, obat-obatan yang dibeli negara tak menjangkau masyarakat secara akurat dan tepat waktu.

Perintah itu disampaikan oleh Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un seperti dalam pemberitaan media Pemerintah Korea Utara, KCNA.

Reuters mengabarkan, kondisi tersebut membuat Jong-un segera memerintahkan penempatan pasukan dari unit medis militer untuk menstabilkan suplai obat-obatan di Kota Pyongyang. Disebut-sebut, parade militer menjadi biang kerok penyebaran Covid-19 di Korea Utara.

Kim Jong-un mengatakan, beberapa apotek di Korut tak memiliki peralatan yang cukup untuk menjalankan tugas mereka dengan baik, meski pihak berwenang telah memerintahkan distribusi cadangan obat nasional.

Ia juga menyinggung kurangnya obat-obatan yang diperlukan, termasuk juga penjual obat yang tak menggunakan pakaian pelindung yang layak. Ia juga mengatakan kebersihan di apotek masih di bawah standar.

Menurut Kim, kinerja sektor kesehatan dan kabinet Korea Utara tak bertanggung jawab. Beberapa pakar khawatir wabah tersebut bakal menghancurkan sistem kesehatan Korut.

Korut sendiri dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem kesehatan terburuk. Hingga saat ini, Korut juga belum memiliki vaksin Covid-19, obat antivirus, dan kapasitas untuk melakukan pengujian massal.

Korut melaporkan kasus Covid-19 pertamanya pada Minggu (16/5/202#), sebanyak 1.213.550. Para pasien dilaporkan mengalami demam misterius yang diduga terkait SARS-CoV-2. Sebanyak 52 pasien dinyatakan meninggal dunia. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.