Berita Nasional Terpercaya

Destinasi Wisata Gresik Ini Jadi Primadona Untuk Liburan

Terkenal sebagai kota padat industri, siapa sangka ternyata mempunyai sejuta wisata Gresik yang memukau.

0

BERNAS.ID – Gresik merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Terkenal sebagai kota padat industri, siapa sangka ternyata mempunyai sejuta wisata Gresik yang memukau dan telah populer di kalangan wisatawan.

Pesona alam Gresik mempunyai keindahan yang menarik dan terawat dengan baik, sehingga mampu bersaing dengan daerah wisata lainnya. Selain itu, dengan tangan kreatif para masyarakat dan pengelola, terbentuk berbagai wisata buatan yang memukau.

Untuk itu, tidak ada salahnya menjadikan Gresik sebagai tempat liburan. Atau jika Anda merupakan warga Gresik, jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi berbagai wisata terbaik berikut.

Baca juga : Inilah Wisata Jambi Yang Recommended Untuk Liburan

Pantai Mombhul

Pantai Mombhul
Berpose di spot kece Pantai Mombhul

Pantai Mombhul beralamat di Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik. Wisata ini tergolong baru, namun telah mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah dan selalu ramai pada musim liburan.

Memiliki luas 45 hektar dan menawarkan keindahan alam yang memukau. Selain pemandangan yang menawan, juga terdapat beberapa wahana permainan yang menarik untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

Fasilitas di wisata baru ini pun sudah lengkap. Dari area parkir, pusat informasi, rumah makan, gazebo, hingga camping area yang bisa Anda gunakan.

Tersedia beberapa spot foto kece yang siap menjadi tempat pengambilan foto untuk menjadi koleksi di galeri handphone Anda. Juga terdapat perahu wisata yang bisa pengunjung manfaatkan untuk mengelilingi pantai.

Baca juga : Intip Keseruan Wisata Batu Jawa Timur Yang Memukau

Danau Kastoba

Danau Kastoba
Berenang di danau yang airnya jernih

Wisata danau terletak di Dusun Candi, Desa Paromaan, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Letak danau memang berada di tengah-tengah Pulau Bawean dan menjadi pembatas antara Kecamatan Sangkapura dan Tambak.

Kastoba menjadi salah satu ikon wisata unggulan di Gresik. Danau ini berada di ketinggian 400 mdpl. Untuk menuju puncak bukit, para pengunjung harus berjalan dan melewati rimbunan pohon raksasa yang telah berumur ratusan tahun lalu.

Daya tarik wisata ini yaitu menyimpan berbagai spesies langka dan serangga yang jarang menemukan di tempat lain. Sehingga pas dikunjungi bagi para petualang dan pecinta alam.

Di dalam danau dapat terlihat beberapa ikan mujair yang hidup di sana. Pengunjung dapat melihat aneka ikan tersebut dari tepian danau.

Air di danau sangat jernih dan bersih, sehingga memungkinkan untuk melakukan berbagai aktivitas dalam air. Pengunjung dapat berenang di air danau. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, jika mandi di Danau Kastoba akan membuat awet muda.

Namun, terdapat larangan bagi wanita yang sedang datang bulan agar tidak berenang di Danau Kastoba karena dapat membahayakan diri.

Baca juga : Ingin Ke Pacitan? Jangan Lewatkan Wisata Ini 

Wisata Bajak Laut

Wisata Bajak Laut
Wisata air berkonsep bajak laut

Destinasi wisata ini merupakan pilihan untuk liburan bersama keluarga. Berlokasi di Masangan, Kecamatan Bunga, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Sesuai dengan namanya, wisata ini dikonsep menyerupai bajak laut yang identik dengan air. Dengan konsep tersebut, tentu dapat menarik bagi para anak-anak yang berkunjung bersama keluarganya.

Wisata ini menyediakan berbagai jenis kolam, di antaranya kolam renang anak dan kolam dewasa.Berbagai wahana permainan air dapat ditemukan di sini, mulai dari perosotan, ember tumpah, dan masih banyak yang lainnya.

Ciri khas Wisata Bajak Laut yaitu terdapat patung berbentuk cumi-cumi raksasa yang berwarna ungu. Beberapa tempat di wisata ini pun memiliki pemandangan yang unik dan lucu, sehingga pas untuk hunting foto bertema air.

Baca juga : Wisata Lamongan Ini Memiliki Keunikan yang Menarik

Bukit Jamur Gresik

Bukit Jamur Gresik
Hunting foto bersama sahabat di Bukit Jamur Gresik

Objek wisata alam Bukit Jamur berada di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Tempat wisata ini semakin populer dan banyak pengunjung dari para kawula muda untuk berburu foto dan menjadi koleksi di sosial media.

Dahulu, tempat ini bukanlah destinasi wisata. Awalnya merupakan tempat bekas proyek penambangan kapur. Namun kini kumpulan bukit batu justru menjadi tempat yang unik dan disukai para pengunjung.

Setelah menjadi tempat wisata, bukit ini memiliki nama Bukit Dakar. Namun karena kurang enak didengar, lalu berganti nama menjadi Bukit Jamur. Alasanya karena bentuk bukit mirip seperti jamur.

Bukit Jamur terbentuk secara alami dari bebatuan yang terkikis oleh angin dan memiliki bentuk menyerupai jamur. Layaknya tumbuhan jamur pada umumnya, bukit ini tersusun dari payung dan batang.

Wisatawan akan merasakan seperti berada di Negeri Liliput karena berada di antara jamur yang ukurannya lebih besar daripada manusia. Siapkanlah pose terbaik Anda sebelum berkunjung ke Bukit Jamur untuk berburu foto keren.

Baca juga : Ini Destinasi Wisata Madiun Yang Paling Populer

Sendang Pancuran Gosari

Sendang Pancuran Gosari
Salah satu spot menarik di Gosari

Wisata Sendang Pancuran Gosari beralamat di Gosari, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Sendang pada umumnya merupakan sebuah mata air yang dimanfaatkan untuk berenang dan bermain air saja.

Namun, wisata sendang ini mempunyai keistimewaan yang membedakan dengan wisata lainnya. Sendang Pancuran menawarkan wisata alam yang berpadu dengan gaya kekinian, sehingga menarik wisatawan dari berbagai kalangan dan berbagai umur.

Pengunjung dapat menemukan berbagai spot foto menarik seperti rumah kayu, sarang burung, dan kembatan kayu. Spot tersebut dapat dimanfaatkan menjadi tempat pengambilan foto dan berlatar pemandangan alam yang asri. Tentu ini menjadi sesuatu yang menarik untuk dilakukan.

Baca juga : Wisata Budaya dan Alam Solo Ini Wajib Anda Kunjungi

Leave A Reply

Your email address will not be published.