Berita Nasional Terpercaya

Dua Zona TPST Piyungan Penuh, Pembuangan Sampah Bakal Pindah ke Area Transisi

0

BANTUL, BERNAS.ID – Kapasitas TPST Piyungan menuju tak bisa menampung lagi saat ini tinggal menghitung hari. Dinas PUP ESDM DIY sedang mengebut penyelesaian TPS Transisi karena mau tidak mau harus segera pindah seiring penuhnya zona A dan zona B.

Kepala Dinas PUP ESDM DIY Anna Rina Herbranti menjelaskan, saat ini jawatannya sedang mengebut pengerjaan konstruksi untuk TPA transisi yang berada di area TPST Piyungan. Penyelesaian konstruksi diperkirakan bakal selesai pada akhir Agustus 2022 mendatang.

“Saat ini kami sedang merampungkan konstruksi untuk TPA transisi,” katanya Selasa (17/5/2022).

Baca juga: Pembebasan Lahan TPST Piyungan Ditargetkan Selesai Tahun Ini

Ia meneruskan, saat ini untuk zona A TPST Piyungan sudah penuh dengan ketinggian sekitar 140 meter, kemudian ditata dengan terasering. Sehingga pembuangan sampah mulai dialihkan ke zona B.

“Untuk pembuangan saat ini sudah di zona B karena untuk zona A sudah penuh,” imbuhnya.

Baca juga: TPST Piyungan Ditutup, Sampah Di Kota Jogja Membludak

Zona B TPST Piyungan yang saat ini menjadi tumpuan pembuangan sampah pun menurutnya tidak bisa bertahan lama. Pemerintah memperkirakan hanya mampu menampung sampah selama beberapa bulan ke depan. Petugas akan mengalihkan pembuangan sampah pada TPA transisi sembari menunggu proses kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) TPST Piyungan.

“Setelah nanti zona B ini dipastikan sudah penuh maka akan pindah ke TPA transisi yang saat ini sedang kami persiapan konstruksinya,” ucapnya.

Dinas PUP ESDM juga melaksanakan sejumlah pekerjaan berupa pemasangan pipa lindi, pekerjaan jalan inspeksi di sel eksisting TPST Piyungan. Anna mengatakan, sejumlah fasilitas lain juga disiapkan seperti pemasangan listrik untuk instalasi pengolahan lindi serta pembangunan drainase permukiman warga sekitar TPST.

“Kami berkomitmen untuk melakukan perbaikan di area TPST Piyungan,” janjinya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.