Berita Nasional Terpercaya

Dubes Indonesia Adakan Jamuan Diplomatik untuk Eratkan Silaturahmi dalam Suasana Idul Fitri

0

BRUNEI, BERNAS.ID – Kedutaan Besar Republik Indonesia mengadakan jamuan untuk kalangan diplomatik dan pejabat Brunei Darussalam dalam suasana Hari Raya Idul Fitri, Sabtu (14/5/2022). Kegiatan dilakukan di kediaman Duta Besar (Wisma Duta) mulai pukul 10.30 dan dihadiri sekitar 200 orang dengan menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu badan dan penyediaan penyanitasi tangan.

Kegiatan terbagi menjadi tiga sesi dengan pembagian Sesi Pertama untuk kalangan bisnis dan pejabat non-pemerintah dan Sesi Kedua khusus untuk pejabat tinggi negara Brunei Darusaalam. Sedangkan sesi ketiga untuk perwakilan diaspora Indonesia di Brunei Darussalam.

Acara tersebut dihadiri beberapa Menteri kabinet Brunei seperti Menteri Pada Kantor Perdana Menteri, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pertahanan II, dan Menteri Kebudayaan, Belia dan Sukan. Hadir juga pejabat-pejabat senior dari Pemerintah Brunei Darussalam. Hadir juga Duta Besar negara-negara asing yang ada di Brunei Darussalam.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Kehadiran para pengusaha Brunei Darussalam terutama para importir produk Indonesia, akademisi, influencer, juga menambahkan semaraknya kegiatan. Kehadiran mereka menunjukkan kerjasama erat antara Indonesia dan Brunei Darussalam di segala bidang.

Dubes Sujatmiko menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh tamu yang hadir dalam acara tersebut. Kegiatan jamuan diplomatik juga dimaksudkan untuk mempererat jalinan kerjasama antara Indonesia dengan Brunei Darussalam dan juga negara sahabat lainnya serta menjadi sarana promosi Indonesia melalui tampilan dekorasi di Wisma Duta dan makanan khas Indonesia yang disajikan.

“Masih dalam suasana Idul Fitri, Saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H., Mohon Maaf Lahir dan Batin, Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim. Semoga pertemuan kali ini semakin meningkatkan tali silaturahim dan juga memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Brunei Darussalam.”

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Para tamu yang hadir dimanjakan dengan berbagai hidangan kuliner khas Indonesia seperti lontong cap gomeh, bakso, dan pecel. Dihidangkan pula aneka kue tradisional Indonesia. Sajian yang menjadi banyak perhatian tamu yang hadir adalah jamu kunyit asem dan beras kencur. Minuman tradisional Indonesia yang memiliki banyak manfaat tersebut menjadi pusat perhatian karena jarang dan sulit ditemukan di Brunei.

Situasi COVID-19 di Brunei Darussalam saat ini sudah semakin membaik setelah mengalami gelombang ketiga akibat varian Omicron. Hingga tanggal 13 Mei 2022, tercatat total kasus sebanyak 144.136 kasus, dengan rincian 1.598 kasus aktif, 142.318 kasus sembuh, dan 95 kasus kematian. (*/jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.